Pemanfaatan Teknologi Grafika Komputer Untuk Mendorong Peningkatan Daya Jual Produk Usaha Empek-Empek Dan Kentang Kering Mustofa Pada Industri Rumah Tangga Dimasa New Normal

Eka Wahyu Hidayat, Rahmi Nur Shofa, Neng Ika Kurniati, Heni Sulastri

Abstract


Dalam usaha untuk menggerakan perekonomian rakyat, banyak usaha kecil rumahan terdampak karena pandemi Covid 19. Usaha produk Empek-Empek Rafli dan produk Kentang Kering Mustofa Ibu Ifah memiliki kualitas yang baik hanya saja ada kekurangan dari sisi Kemasan. Dengan kondisi tersebut, tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dimaksudkan untuk meningkatkan strategi pemasaran dari sisi kualitas produk dan kemasan berbasis Komputer Grafik. Komputer grafik dengan menerapkan aspek Desain Komunikasi Visual pada ranah Multimedia dapat membantu meningkatkan kualitas produk dari sisi kemasan. Langkah-langkah yang akan dilakukan adalah diawali dengan analisa produk dimana perlu ditetapkan Brand Name, Dimensi produk, Desain kemasan. Setelah analisa langkah selanjutnya dilakukan implementasi dengan membuat kemasan produk yang sesuai dan ideal. Dilanjutkan dengan edukasi serta memberikan pemahaman kepada mitra Industri Rumah Tangga yang dibimbing untuk mendapatkan PPIRT. Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan hasil desain kemasan dan bahan baku kemasan produk. Harapan dari kegiatan ini adalah untuk memotivasi mitra Usaha kecil Industri Rumah Tangga agar dapat bersaing ditingkat yang lebih tinggi lagi

Full Text:

PDF

References


Arianty, N. 2017. Analisis Usaha Industri Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga. Prosiding Seminar Hilirisasi Penelitian Untuk Kesejahteraan Masyarakat, Lembaga Penelitian Universitas Negeri Medan.

Apretty, J. B. 2000. Analisis Dampak Krisis Ekonomi Pada Industri Tempe Skala Kecil (Studi Kasus : Di desa Citereup, Kecamatan Citereup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat), Skripsi, Jurusan Ilmu Sosial Ekonomi pertanian. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Djuaini, A. 2009. Strategi Bisnis Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Skripsi. Surabaya: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional.

Klimchuk, M.R., Krasovec, S.A. 2007. Desain Kemasan - Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Rahardjo, S.T. 2019. Desain Grafis Kemasan UMKM. Penerbit Deepublish. Yogyakarta.

Wahyudi, N., Satriyono, S. 2017. Mantra Kemasan Juara - Bukan Sekedar Bungkus-Bungkus. Penerbit PT Elex Media Komputindo. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37058/jsppm.v8i2.2324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pengabdian Siliwangi
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No.24 Kota Tasikmalaya
email: jsppm@unsil.ac.id

e-ISSN: 2477-6629 ; p-ISSN: 2615-4773

 

View My Stats