Aplikasi Software Geometri

Ipah Muzdalipah, Ratna Rustina

Abstract


Kurikulum 2013 (Kurtilas) menghendaki materi pembelajaran tidak hanya tersusun atas hal-hal sederhana yang bersifat pemahaman dan pemecahan masalah, tetapi tersusun atas pengetahuan tematik yang harus dibangun berdasarkan prosedur ilmiah sehingga menuntut guru untuk mahir menggunakan media pembelajaran dan aplikasi teknologi. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam memanfaatkan aplikasi teknologi masih belum cukup memuaskan, termasuk dalam mengajarkan topik-topik matematika yang membutuhkan kemampuan berpikir abstrak seperti geometri. Banyak guru yang merasa kesulitan memvisualisasikan konsep geometri melalui media pembelajaran karena tidak menguasai software-software geometri. Walaupun demikian, guru-guru belum begitu serius dalam menerapkan pemahaman pentingnya aplikasi teknologi pembelajaran seiring dengan perkembangan siswa yang semakin akrab dengan teknologi. Hal ini diidentifikasi berdampak terhadap kemampuan berpikir matematika siswa. Melalui kegiatan pengabdian yang terdiri dari penyuluhan pentignya aplikasi teknologi, pengenalan software-software geometri (Geoemters’ Sketchpad, Geogebra, pelatihan penggunaan software-software geoemetri dan pendampingan mengaplikasikan software-software geoemetri dalam pembelajaran diyakini mampu meningkatkan keterampilan mengajar guru matematika. luaran yang dihasilkan dari kegiatan pengabdian ini yaitu diktat aplikasi software geometri dalam pembelajaran dan jurnal ilmiah.


Full Text:

PDF 215-219

References


Abdussakir (2009), Pembelajaran Geometrid dan Teori Van Hiele (http://abdussakir.wordpress.com)

Jiang (2008), Explorations and Reasoning in the Dynamic Geometry Environmet (http://atcm.mathandtech.org/.)

Mahmudi, A (2011), Pemanfaatan Geogebra dalam pembelajaran Matematika (Seminar Nasional LPM UNY. Pp. 1-10)

Supriadi, Nanang (2015), Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan kemampuan Komunikasi Matematis (http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/download/20/19)

Waluyo, Mohamad (2017), Penggunaan Software Geogebra pada Materi Persamaan Garis (https:/publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7634/10.pdf?sequence=1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.