APLIKASI SANITASI BERWAWASAN LINGKUNGAN SEBAGAI RENEWABLE GROUNDWATER UNTUK MEMBENTUK PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)

Asep Kurnia Hidayat, Ai Sri Kosnayani

Abstract


Penduduk Desa Sukamantri Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya, buruh tani 2.260 orang dan tidak/belum bekerja 1.572 orang artinya 3.832 orang atau 73,81% penduduk Desa Sukamantri berpenghasilan di bawah UMK Kabupaten Tasikmalaya (Tahun 2016 Rp. 1.632.360). Kondisi ini berpengaruh pada pendidikan dan pengetahuan tentang sanitasi yang berwawasan lingkungan yang berujung pada rendahnya perilaku hidup dan sehat. Penggunaan jamban yang tidak sehat, septic tank yang dekat dengan sumur, kandang hewan di samping rumah merupakan perilaku yang jumpai pada masyarakat di Desa Sukamantri. Hasil analisis situasi di Desa Sukamantri Kecamatan Ciawi ditemukan prioritas masalah adalah ketidaktahuan masyarakat tentang teknik sanitasi untuk renewable ground water dan rendahnya pengetahuan tentang PHBS. Pengabdian Ipteks Tepat Guna bagi Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat dalam melakukan pengelolaan sanitasi yang berwawasan lingkungan sebagai upaya meningkatkan renewable groundwater yang berdampak pada peningkatan prilaku hidup bersih dan sehat. Sasaran kegiatan Pengabdian ITGbM ini adalah anggota lembaga dan aparat pemerintah desa, perwakilan dasawisma dan kader pos yandu yang berjumlah 67 orang. Kegiatan yang dilaksanakan berupa penyuluhan serta pelatihan pengelolaan sanitasi berwawasan lingkungan (sanitary engennering) dan penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Target dan luaran pengabdian Ipteks Tepat Guna bagi Masyarakat ini adalah terkelola dan tersedianya air bersih dari renewable groundwater sebagai hasil pengelolaan sanitasi yang berwawasan lingkungan sehingga meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat yang pada akhirnya akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Full Text:

PDF 247-252

References


Bisri, M. dan Prastya, T. A. N. Imbuhan Air Tanah Buatan untuk Mereduksi Genangan (Studi Kasus Di Kecamatan Batu Kota Batu). Jurnal Rekayasa Sipil. 2009:3(1):77-90.

Depkes RI. 2013. Pusat Promosi Kesehatan Pencapaian PHBS. http://www.promosikesehatan.com (Diunduh pada tanggal : 15 Januari 2016)

Dinkes Jabar, 2013 Terapkan 10 Indikator PHBS dalam Lingkungan Keluarga. Tersedia di http://www.diskes.jabarprov.go.id/in dex.php/post/read/2013/325/Terapka n-10-Indikator-PHBS-DalamLingkungan-Keluarga/link (Diunduh pada tanggal : 15 Januari 2016)

Istiawan, S. 2015. Membuat Sumur Resapan di Pekarangan Rumah. Tersedia di www.menlh.go.id. (Diunduh pada tanggal : 15 Januari 2016)

Kementerian Kesehatan RI. 2011. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2269/MENKES/PER/XI/2011 Tentang Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup. Jakarta.

Kusnaedi. 1995. Sumur Resapan Untuk Pemukiman Perkotaan Dan Pedesaan. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sunjoto, S., 2002, Recharge Wells as Drainage System to Increase Groundwater Storage, Proc. on the 13rd IAHR-APD Congress, Advance in Hydraulics Water Engineering, Singapore, 6-8 August 2002 Vol.I, pp. 511-514.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.