INOVASI TEKNOLOGI MINA MENDONG DESA KAMULYAN KECAMATAN MANONJAYA KABUPATEN TASIKMALAYA

Suyudi Suyudi, Yaya Sunarya, Tenten Tedjaningsih

Abstract


Usahatani  mina  mendong  adalah  suatu  usaha  pertanian  yang  memadukan  budidaya  ikan  disawah dengan budidaya tanaman mendong. Usahatani ini sangat menguntungkan karena dapat menghasilkan dua pemanenan yaitu ikan dan mendong.  Dengan demikian maka usahatani sistem diversifikasi ini dapat mengurangi resiko dan ketidakpastian dalam usahataninya.  Usahatani ini dapat meningkatkan ketahanan pangan di sekitar wilayah tersebut.

Tujuan dari kegiatan Iptek tepat guna bagi masyarakat adalah mengenal pola usahatani diversifikasi terpadu, memberikan pelatihan inovasi teknologi usahatani mina  mendong dan peningkatan pengetahuan tentang resiko dan ketidakpastian dalam usahatani.

Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah  penyuluhan, ceramah dan diskusi, praktek dan demplot.

Solusi   tersebut   ditawarkan   mengingat   manfaat   penerapan   sistem   diversifikasi pertanian  dalam  satu  kawasan  lahan,  selain  dapat  mengoptimalkan  potensi  lahan  juga  
dapat  memberikan  peluang  dalam  diversifikasi  produk,  yang  pada  akhirnya  dapat  
meningkatkan pendapatan kesejahteraan ekonomi petani serta pada gilirannya  dapat menambah ketahan  pangan di wilayah  yang bersangkutan.

Hasil usaha tani mina mendong memberikan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan usahatani  mendong secara monokultur dan konvensional. Keuntungan yang diperoleh secara teknik dapat memberikan kesuburan tanah dan secara ekonomis menambah pendapatan bagi petani, secara makro meningkatkan ketahan pangan. Kegaiatan penyuluhan dan praktek demplot pada usahatani mina mendong, petani mendapat tambahan pengetahuan baru bagi petani responden dengan memberikan respon sebesar 85,0 persen sangat menambah pengetahuan, sebesar 8,0 persen cukup menambah pengetahuan dan sebesar 7,0 persen biasa saja.


Full Text:

PDF 55-61

References


Budi Rahmat, Apip Supriadi, Suyudi, 2009. Iptek Bagi Masyarakat (IbM) Diversifikasi Home Industri Kelapa dan Hasil Sampingannya Untuk Kepastian dan Peningkatan pendapatan Petani. Laporan IbM Dikti Pengabdian Pada Masyarakat, LPPM, Universitas Siliwangi. Tasikmalaya.

Laporan Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKNPPM), 2013. LPPM, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya.

BPS Kab. Tasikmalaya, 2012. Badan Pusat Statistik Kabupaten Tasikmalaya.

D. Yadi Heryadi dan Suyudi, 2012. Dinamika peran ganda tenaga kerja wanita dalam industri kerajinan mendong di Pemkot Tasikmalaya, Laporan Penelitian, LPPM, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya.

Dinas Perkebunan Kabupaten Tasikmlaya, 2014. http://disbun.jabarprov.go.id/index.php/artikel/detailartikel/58

Hikmasari R., Muhaimin A.W., dan Setiawan B. 2013. Efisiensi Teknis Usahatani Mina Mendong Dengan Pendekatan Stochastic Production Frontier. Habitat. 15(1):1-10

Hata Sunanto, 2007.Usahatani Mendong. BPFE. Yogyakarta.

Irawan. (2013). Kemandirian Pangan Jawa Barat Menjelang Tahun 2030, Bogor: Balai Penelitian Tanah Kartasasmita, Ginanjar, 2011, Masalah Ketahanan Pangan Jawa Barat, Bandung: Badan Ketahan an Pangan Jawa Barat, Bandung.

Martami, Muhammad Mufid. (2015). Kebijakan Pangan Jokowi: Jalan Menuju Ketahanan Pangan Indonesia?, http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/ 20141020082500-99-6880/warisan-masalahpangan-sby-untuk-jokowi/ (diakses 29 September 2016).

Sekda Kabupaten Tasikmalaya, 2009. Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya.

Suyudi, 2008. Studi Komporatif Usahatani Mendong dan Padi Sawah, Jurnal Ilmiah Faperta, Unsil, Vol. 06, hal. 12 – 16

Suyudi, Aripin, Ade Maftuh, 2014. Laporan Iptek bagi Masyarakat. (IbM) untuk Pengrajin

Mendong di Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya.

Suyudi, Edvin Priatna dan Hj. Tenten Tedjaningsih, 2014. Laporan IbM Teknologi Penguat Bahan Baku Mendong. Untuk Meningkatkan Bahan Baku Mendong di Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya.

Suyudi, Edvin Priatna dan Hj. Tenten Tedjaningsih, 2015. Laporan IbM Sosialisasi Penggunaan Pupuk Organik Pada Usahatani Mendong. di Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya.

Edvin Priatna, Suyudi dan Aripin, 2014. Laporan Penelitian Pembuatan Prototipe untuk

Alat Pengeringan Mendong. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.