PELATIHAN PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN MIKROSKOP BAGI GURU-GURU IPA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) DI WILAYAH KABUPATEN TASIKMALAYA

Purwati Kuswarini Suprapto, Mufti Ali, Egi Nuryadin

Abstract


Tujuan dilaksanakannya program pengabdian pada masyarakat Ipteks Tepat Guna bagi Masyarakat (ITGbM) “Pelatihan Penggunaan dan Pemeliharaan Mikroskop Bagi Guru-Guru IPA Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya” adalah untuk meningkatkan kualifikasi dan kapasitas pendidikan pengampu mata pelajaran IPA melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan dan merawat mikroskop. Target yang ditetapkan dalam Ipteks Tepat Guna bagi Masyarakat ini yaitu guru-guru IPA yang berada pada jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di wilayah Kabupaten Tasikmalaya diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan dan memelihara mikroskop dengan baik yang nantinya bisa digunakan untuk keperluan praktikum atau penelitian bagi guru-guru IPA, sehingga mampu memberikan wawasan kepada para peserta didik. Luaran yang dihasilkan dari program ini adalah Buku panduan/modul penggunaan dan pemeliharaan mikroskop sesuai standar operational procedure (SOP), Produk berupa preparat/sediaan segar dan awetan dari sampel tumbuhan dan hewan untuk keperluan praktikum IPA juga meningkatkan keterampilan menggunakan dan memelihara mikroskop, membuat preparat segar dan awetan, serta mendokumentasikan hasil pengamatan mikroskopis dengan teknologi tepat guna bagi guru-guru IPA Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

 

Keywords : Pemeliharaan dan Penggunaan Mikroskop, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kab.Tasikmalaya


Full Text:

PDF 43-50

References


-----------. 2013. Alamat Pondok Pesantren Kab. Tasikmalaya. (http://jabar.kemenag.go.id/index.php?a=artikel&id=27517&t=4912&t=4912&t=4912). Diakses tanggal 5 Februari 2017.

Ardisasmita, M.S., 2000. Pengolahan Citra Digital Dan Analisis Kuanntatif Dalam Karakterisasi Citra Mikroskopik. Journal Mikroskopi dan Mikroanalisis, Vol3, (1).

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hudha, A.M., 2011. Analisis Pengelolaan Praktikum Biologi di Laboratorium Biologi Universitas Muhammadiyah Malang. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan, 1(1).

Sundari, R., 2013. Evaluasi pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran biologi di Madrasah Aliyah Negeri Sekabupaten Sleman. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 12(2).

Widayati, Febri Setiyasih. Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Standar Nasional (Studi Situs di SMP Negeri 1 Nogosari Boyolali). Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.