ITGbM Implementasi E-Commerce Sebagai Katalog Produk Unggulan Kerajinan Tangan Khas Rajapola (Studi Kasus: UKM Resik dan Katresna Rajapola Tasikmalaya)

Andi Nur Rachman, Cecep Muhamad Sidik Ramdani

Abstract


Kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah salah satu tujuan untuk memberikan penerapan teknologi tepat guna terhadap mitra untuk peningkatan pemasaran produk unggulan keranjinan tangan khas Rajapola melalui implementasi E-Commerce berbasis Web dan pendampingan dalam penggunaannya menggunakan teknologi informasi pada UKM keranjinan tangan khas Rajapola, sehingga dapat meningkatkan kemandirian pemasaran melalui usaha penjualan online produk unggulan keranjinan tangan untuk mengenalkan potensi dari hasil sumberdaya manusia daerah Tasikmalaya.Permasalahan yang diangkat adalah peningkatan pelayanan penjualan, pemasaran, pemesanan produk unggulan keranjinan tangan khas Rajapola dari konsumen dan peningkatan manajemen (organizer) pemesanan produk dengan implementasi teknologi informasi. Solusi yang ditawarkan adalah pembuatan aplikasi e-Commerce dibuat berbasis web yang dapat dikases dengan media mobile sehingga memudahkan bagi mitra maupun konsumen. Penerapan aplikasi kepada mitra melalui kegiatan transfer knowledge melalui pelatihan dan pendampingan mitra dalam pengunaan aplikasi e-commerce. Usulan pelaksanaan kegiatan dengan metode Prototype terdiri dari Pengumpulan kebutuhan, Membangun prototyping, Evaluasi protoptyping, Mengkodekan sistem, Menguji sistem dan Evaluasi Sistem. Tahapan tersebut dilakukan sebagai pendekatan untuk menjalin keterbukaan, kepercayaan, dan memahami persepsi, sikap, serta pengalaman dan persoalan yang dimiliki mitra untuk mendukung dalam mengembangkan pemasaran melalui internet, pembuatan aplikasi, sebagai yang meliputi desain iklan, upload konten iklan di aplikasi E-Commerce, manajemen pemasaran, organizer pesanan pelanggan melalui e-Commerce, hingga perawatan website.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.