PELATIHAN PEMBUATAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH PADA MATAPELAJARAN IPA DI KKM MTs NEGERI CIKATOMAS DAN KKM MTs NEGERI MANDALAWANGI KABUPATEN TASIKMALAYA

Suharsono Suharsono, Dani Ramdani, Liah Badriah

Abstract


Permasalahan yang muncul pada guru sekolah di Kabupaten Tasikmalaya, khususnya di KKM Mts N Cikatomas dan Mts N Mandalawangi sampai saat ini belum mampu membuat lembar kerja siswa (LKS) sendiri, LKS yang digunakan pada umumnya adlah LKS yang dikeluarkan oleh penerbit yang tidak sesuai dengan lingkungan sekolah dan banyaknya materi-materi yang tidak sesuai konsep (mis conception) yang akibatnya dapat berdampak pada kesalahan pemahaman siswa yang terhadap materi yang seharusnya dipahami secara utuh. Oleh sebab itu diperlukan upaya pelatihan guru-guru IPA khususnya untuk mampu dan terampil dalam pembuatan lembar kerja siswa (LKS) berbasis lingkungan sekolah yang pada akhirnya, setiap LKS yang digunakan dalam pembelajaran akan mencerminkan kondisi khas sekolah sehingga akan berbeda dengan sekolah yang lain seprti yang tercantum dalam kurikulum tiga belas (Kurtilas). Luaran dalam kegiatan pengabdian ini berupa penyuluhan dan workshop mengenai peningkatanketerampilan guru dalam pembuatan lembar kerja siswa (LKS) berbasisi lingkungan sekolah pada mata pelajaran IPA.

Full Text:

PDF 26-28

References


(http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11_smp.php?kode=021205&level=3). Diaksestanggal 20 April 2016.

-----------. 2015. Statistik Daerah KecamatanCikatomas 2015. BadanPusatStatistikKabupatenTasikmalaya.

-----------. 2013. AlamatPondokPesantrenKab. Tasikmalaya. (http://jabar.kemenag.go.id/index.php?a=artikel&id=27517&t=4912&t=4912&t=4912). Diaksestanggal 20 April 2016.

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajagrafindoPersada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.