ITGbM PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI LINGKUNGAN PGRI KECAMATAN TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2016
Dedi Heryadi, Welly Nores Kartadireja, Agi Ahmad Ginanjar
Abstract
Penelitian tindakan kelas merupakan upaya ilmiah yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal ini diawali dengan analisis masalah pembelajaran yang berdampak ketiaktercapaian tujuan pembelajaran. Langkah selanjutnya guru menentukan tindakan yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut baik dari dimensi pendekatan, metode, teknik ataupun media pembelajaran yang dipandang mampu mengatasi segala problematika pembelajaran. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi para guru dalam melakukan penelitian tindakan kelas. Metode yang  dilaksanakan dalam kegiatan ini adalah bimbingan bertahap. Artinya, para guru dibimbing dan di arahkan untuk melakukan penelitian tindakan kelas dan menyusun laporan penelitiannya yang berbetntuk karya tulis ilmiah PTK. Hasil dari pelatihan dalam kegiatan ini menjadikan para guru lebih memahami penelitian tindakan kelas, guru mampu menganalisis masalah, guru mempu menentukan solusi, guru mempu membuat kerangka dan menjadikannya sebagai laporan penelitian, guru mampu menggunakan kaidah bahasa Indonesia ragam ilmiah dan penerapan ejaan bahasa Indonesia
BPS Kota Tasikmalaya. KCDA Tamansari 2011. [Online]. Tersedia: http:// doku¬- men .tips /documents/kcda-tamansari-2011.html. [28 April 2016].
Heryadi, D. (2007). Kemahiran Mengarang (Teori dan Pembelajarannya). Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.
Heryadi, D. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Tasikmalaya:
Reportase Guru. (2016). Syarat Kenaikan Pangkat Guru Berdasarkan Permen PANRB Sesuai Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala BKN. [Online]. Tersedia: http://www. reportaseguru .com/2016/01/syarat-kenaikan-pangkat -guru .html [27 Arpil 2016].
Jurnal Pengabdian Siliwangi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Siliwangi Jl. Siliwangi No.24 Kota Tasikmalaya email: jsppm@unsil.ac.id