PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DAN PENGAYAAN MATERI BIOLOGI DALAM MATA PELAJARAN IPA SESUAI KURIKULUM NASIONAL BAGI GURU IPA DI LINGKUNGAN SMP/SEDERAJAT SE-KOTA TASIKMALAYA

Vita Meylani, Rinaldi Rizal Putra, Ryan Ardiansyah

Abstract


Materi Biologi pada Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki kompleksitas dan karakteristik yang khas. Materi biologi senantiasa berkembang seiring perkembangan informasi dan teknologi, sehingga sudah seharusnya guru memberikan materi yang terbaharukan dengan ditunjang oleh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang sesuai dengan kurikulum yang sedang berjalan. Permasalahan yang terjadi di lapangan adalah guru sering menggunakan materi langsung dari buku yang terkadang materi di dalamnya tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum atau bahkan ditemukan miskonsepsi serta kurangnya pemahaman guru dalam pengembangan LKPD yang ideal. Tujuan dilaksanakannya program pengabdian pada masyarakat Ipteks Tepat Guna bagi Masyarakat (ITGbM) “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Pengayaan Materi Biologi dalam Mata Pelajaran IPA sesuai Kurikulum Nasional bagi Guru IPA di Lingkungan SMP Kecamatan Tawang, Tasikmalaya†adalah untuk menambah informasi terkait materi biologi yang terbaharukan dan peningkatan keterampilan dalam mengembangkan LKPD yang ideal. Target yang ditetapkan dalam kegiatan ini yaitu guru-guru IPA SMP di wilayah kecamatan Tawang diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan LKPD dan materi yang sesuai, sehiingga mampu memberikan wawasan IPA yang lebih komprehensif pada peserta didik. Luaran yang dihasilkan dari program ini adalah modul pengembangan LKPD, LKPD yang dibuat mandiri oleh guru dan format penilaian peserta didik sesuai kurikulum nasional.

Full Text:

PDF 13-17

References


Anonim. 2017. Daftar Satuan Pendidikan (Sekolah) per Kec. Tawang. ( http://dapo.dikdasmen. kemdikbud.go.id/sp/3/026808) diakses tanggal 26 Juni 2017.

_______. 2015. Statistik Daerah Kecamatan Tawang 2017. Badan Pusat Statistik Tasikmalaya

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Setiawan, Doni., Setiawan, Arum., Kamal, Mustafa., Nofyan, Erwin., Aminasih, Nita. 2013. Pelatihan Penggunaan Alat-alat Laboratorium untuk Meningkatkan pemahaman praktikum IPA biologi bagi Guru SMP dikecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 80-87.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.