(PbM-KT) BIMTEK PEMBUKUAN BUMDES DI DESA MARGACINTA KECAMATAN CIJULANG KABUPATEN PANGANDARAN

Apip Supriadi, Iis Surgawati, Dwi Hastuti L.K

Abstract


Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat yang dilakukan kepada pengelola BUMDES di Desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran merupakan bentuk Tri Dharma perguruan tinggi yang harus dilakukan oleh setiap dosen, dalam upaya memberikan sumbangan ilmu kepada masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pembukuan BUMDES di Desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran, sehingga diharapkan ke depan BUMDES yang terdapat di Desa Margacinta menjadi pelopor dalam meningkatkan pembangunan di Kabupaten Pangandaran. Metode pendekatan yang dilaksanakan adalah melakukan identifikasi permasalahan, analisis kebutuhan, melakukan penyuluhan dan membuat laporan. Luaran yang ditargetkan adalah i) meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pembukuan BUMDES di Desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran; ii) artikel ilmiah yang masuk ke jurnal pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat yang dilakukan di Desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran merupakan bentuk Tri Dharma perguruan tinggi yang harus dilakukan oleh setiap dosen, dalam upaya memberikan sumbangan ilmu kepada masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat  tentang  pembukuan Bumdes Margacinta, sehingga diharapkan ke depan BUMDES yang terdapat di Desa Margacinta menjadi pelopor dalam meningkatkan pembangunan di Kabupaten Tasikmalaya.

Kata Kunci: pelatihan pembukuan, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).


Full Text:

PDF

References


Neneng Salmiah, Satria Tri Nanda, Intan Adino, 2020. Bimbingan Teknis Pembukuan Bagi Pengelola BUMDes di Kecamatan Kampar Kiri Tengah, Jurnal KUAT (keuangan, umum dan akuntansi terapan), penerbit PKN STAN Press.

Desa Margacinta, Website Profil Desa Margacinta. 2015. http://cijoelang-rafting.blogspot.com/2015/07/profil-desa-margacinta.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.