IbM PELATIHAN PEMANFAATAN E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN GLOBAL UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK KELOM GEULIS (Studi Kasus: UKM kelom geulis Tamansari Tasikmalaya)
Abstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah penguatan daya beli produk Kelom Geulis melalui implementasi E-Commerce berbasis Web dan pendampingan penggunaannya menggunakan teknologi informasi pada UKM pengrajin kelom geulis Regga dan Salwa di kecamatan Tamansari Tasikmalaya, sehingga meningkatkan kemandirian ekonomi melalui usaha kerajinan kelom geulis sebagai produk khas daerah Tasikmalaya, khususnya pada keterampilan pemanfaatan teknologi informasi dan internet dalam kegiatan marketing secara global. Permasalahan yang diangkat adalah peningkatan pelayanan penjualan, pemasaran, pemesanan produk dari konsumen dan peningkatan manajemen (organizer) pemesanan produk dengan implementasi teknologi informasi. Solusi yang ditawarkan adalah pembuatan aplikasi e-Commerce dibuat berbasis teknologi web dan mobile web. Penerapan aplikasi kepada mitra melalui kegiatan transfer knowledge melalui pelatihan dan pendampingan mitra dalam menggunakan aplikasi e-commerce. Pelaksanaan kegiatan dengan metode Rational Unified Process (RUP) terdiri dari Inception, Elaboration, Construction dan terakhir transition. Detail dari fase RUP diantaranya Focus Group Discussion (FGD) untuk menjalin keterbukaan, kepercayaan, dan memahami persepsi, sikap, serta pengalaman dan persoalan yang dimiliki pengrajin (Salwa dan Regga Kelom Geulis) dalam melakukan pemasaran melalui internet, pembuatan aplikasi sesuai hasil FGD, kemudian dilanjutkan pada pendampingan yaitu penyuluhan dan pelatihan penggunaan E-Commerce sebagai yang meliputi desain iklan, perawatan domain, upload konten iklan di aplikasi E-Commerce, manajemen pemasaran, organizer pesanan pelanggan melalui e-Commerce, hingga perawatan website.
Kata Kunci : e-Commerce, Kelom Geulis, FGD, pelatihan.
Kata Kunci : e-Commerce, Kelom Geulis, FGD, pelatihan.
Full Text:
PDF 64-68References
Notoatmodjo, S. 2002. Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Rineka Cipta
M. Suyanto, Electronic Commerce: A Managerial Perspective, Andi, Bandung, 2003.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Indonesia.Buku 2. Jakarta: Salemba Empat. 2007.
DOI: https://doi.org/10.37058/jsppm.v2i1.59
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pengabdian Siliwangi
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No.24 Kota Tasikmalaya
email: jsppm@unsil.ac.id
e-ISSN: 2477-6629 ; p-ISSN: 2615-4773
View My Stats