SOSIALISASI ATURAN BEROLAHRAGA YANG BENAR SESUAI DENGAN RUMUS “TKPE”

Haikal Millah, Iwan Sudjarwo, Nuriska Subekti

Abstract


Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan SDM Guru PJOK SMA dan SMP di lingkungan MGMP PJOK Kota Tasikmalaya dalam tata cara aturan yang benar sesuai aturan berolahraga dengan rumus TKPE. Peserta pengabdian ini adalah guru pjok SMA dan SMP yang tergabung dalam MGMP PJOK Kota Tasikmalaya berjumlah 130 orang. Guru PJOK SMP sebanyak 80 orang dan 30 orang guru PJOK SMA.

Setelah diberikan sosialisasi aturan berolahraga yang benar sesuai dengan rumus TKPE yang merupakan kolaborasi dari berbagai aturan yang sudah ada dan kami kemas dalam rumus TKPE (T = Tujuan, K = Kondisi, P = Program, E = Evaluasi),  guru dapat menentukan tujuan berolahraga, mengetahui kondisi, menyusun program dan melakukan evaluasi terhadap program yang disusun untuk mencapai tujuan yang sudah dicapai.

Full Text:

PDF

References


Badriah, Dewi Laelatul (2009). Fisiologi Olahraga edisi II. Pustaka Ramadhan. Bandung

Giriwijoyo, H.Y.S, Santosa (2007). Ilmu Kesehatan Olahraga untuk Kesehatan dan untuk Prestasi Olahraga. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Giriwijoyo, H.Y.S, Santosa (2010). Ilmu Faal Olahraga; fungsi tubuh manusia pada olahraga untuk Kesehatan dan untuk Prestasi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Husdarta (2010). Psikologi Olahraga. Alfabeta. Bandung

Toho Cholik (2007). Sport Development Index: alternative baru mengukur kemajuan pembangunan bidang keolahragaan (konsep, metodologi dan aplikasi) Indeks. Jakarta

Undang – undang Republik Indonesia No.3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.