LITERASI DIGITAL DAN MANAJEMEN USAHA BAGI PEDAGANG KECIL DAN SEKTOR USAHA INFORMAL

Rianto Rianto, Husni Mubarok, Aradea Aradea, Nur Widiyasono

Abstract


Pedagang kecil atau pelaku usaha informal (pedagang warung, pedagang keliling, penjual ikan, pedagang gorengan,dan lain-lain) merupakan jenis usaha perorangan atau kelompok yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Pelaku usaha tersebut menjajakan berbagai produk-produk yang diproduksi oleh sendiri ataupun produk yang dibuat oleh pelaku usaha lain. Produk-produk yang dijual diantaranya aneka lauk pauk, kue basah, aneka gorengan, es kelapa muda, produk pertanian, berbagai macam ikan dan produk lainnya. Hasil dari survei awal masih terdapat kekurangan terkait kurang nya pemahaman para pelaku usaha tersebut dalam manajemen usaha baik dalam pemasaran dan manajemen keuangan terutama dalam memanfaatkan teknologi informasi. Kelebihan yang di peroleh pelaku usaha dalam memanfaatkan teknologi informasi diharapkan dapat meningkatkan kapasitas penjualan produk serta pengelolaan keuangannya. Fokus utama dari program ini adalah untuk memberikan pemahaman dan gambaran mengenai pemanfaatan teknologi informasi baik penggunaan perangkat, aplikasi keuangan dan  media sosial dalam upaya meningkatkan hasil penjualan dan manajemen usahanya. Selain itu, diberikan gambaran proses bisnis yang harus dilakukan oleh mitra agar program ini dapat berjalan secara berkelanjutan. Program ini memiliki tahapan pelaksanaan yaitu perencanaan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi hasil pelaksanaan program. Program pengabdian ini telah diselenggarakan dengan melakukan kegiatan sosialiasi dan berbagi pengetahuan proses manajemen usaha dan marketing dengan bantuan aplikasi digital, media sosial dan media digital lainnya pada kedua mitra. Tujuan dari program pengabdian ini diharapkan dapat membantu berupa peningkatan manajemen pengetahuan mitra, penerapan IT dan peningkatan hasil hasil usaha mitra. Manajemen usaha dan pemasaran tersebut dapat memberikan manfaat pada mitra dan masyarakat sekitar, terutama terkait model usaha mitra yang lebih baik.

Full Text:

PDF

References


https://ppukab.bps.go.id/indicator/6/252/1/-sakernas-jumlah-dan-persentase-penduduk-berumur-15-tahun-ke-atas-yang-bekerja-menurut-formal-informal.html, diakses pada 01 November 2022.

https://www.merdeka.com/uang/189-juta-usaha-di-ri-masih-kategori-pkl-dan-pedagang-keliling.html diakses pada 3 Juli 2021

Hidayat. M, "Strategi Bertahan Hidup Pedagang Kaki Lima (PKL). SOSIOLOGI REFLEKTIF, Volume 6, Nomor 2, April 2012

Mulyadi, S (2008). Ekonomi Sumber Daya Manusia dalam Perspektif Pembangunan. Jakarta: Rajawali Pers.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 17 tahun 2013 tentang Pelaksanaan UndangUndang Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Saleh, Baso dan Hidayat, D Yayat, “ Penggunaan Teknologi Informasi Dikalangan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Daerah Perbatasan. Jurnal Pekommas. Hal. 141 – 152, 2016

Simanjuntak, Payaman J. 2001. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia, LPFE UI, Jakarta

Syadi Abas,“Media Dan Alat Pemasaran Pedagang Keliling Di Lingkungan Perumahan Kertosari Indah Ponorogoâ€, Jurnal Ekulilibrium, Vol 10, No.2, September 2015

https://ppukab.bps.go.id/indicator/6/252/1/-sakernas-jumlah-dan-persentase-penduduk-berumur-15-tahun-ke-atas-yang-bekerja-menurut-formal-informal.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.