PELATIHAN TATALAKSANA BANGUNAN TAHAN GEMPA BAGI WARGA PESANTREN AL-KHOERIYAH DAN PESANTREN BAHRUL ULUM KOTA TASIKMALAYA JAWA BARAT

Empung Empung, Sutisna Sutisna

Abstract


Kegiatan Pengabdian ini bertema penyuluhan dan pelatihan tatalaksana bangunana tahan gempa kepada warga Dusun Kulon, Dusun Wetan, Dusun Sukawangi, Dusun Cintamulya di Desa Bayasari Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis.Wilayah Indonesia memiliki banyak daerah yang mempunyai tingkat resiko gempa tinggi, provinsi Jawa barat khususnya Desa Bayasari Kecamatan Jatinagara merupakan daerah yang berada pada cincin api yang mengitari daerah pesisir pulau Jawa.. Menyadari akan keadaan tersebut, perlu kiranya untuk mengkampanyekan konsep rumah tahan gempa kepada masyarakat Jawa Barat. Partisipasi pelaku jasa konstruksi dan perguruan tinggi untuk lebih meningkatkan kemampuan para tenaga terampil khususnya Warga desa Bayasari, tukang kayu dan tukang batu diyakini mempunyai potensi yang besar dalam mendukung pembangunan di Indonesia. Salah satunya melalui upaya introduksi langsung oleh perguruan tinggi kepada Warga desa Bayasari mengenai bangunan tahan gempa, dengan kegiatan tersebut, di samping menambah wawasan warga Desa Bayasari itu sendiri, juga dapat bermanfaat kepada masyarakat yang nantinya akan mempergunakan tenaga pekerja konstruksi dalam mendapatkan bangunan tahan gempa.

Full Text:

PDF

References


Masrilayanti, 2010. Pelatihan Tukang Rumah Sederhana Tahan Gempa Di Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan Indarung Padang. Kumpulan Artikel Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Andalas, 2010.

Musyafa. Albani. 2011. Diskripsi Pengetahuan Mandor Konstruksi dalam Bidang Rekayasa Bangunan Tahan Gempa, Jurnal Penanggulangan Bencana Volume 2 Nomor 2, Tahun 2011, Hal. 9 – 14.

Sriyatmo. 2006. Penyuluhan Teknik Pembangunan Rumah Tahan Gempa di Klaten Yogyakarta. UNS.

http://nasional.tempo.co/read/news/2014/06/22/058587120/tasikmalaya-diguncang-gempa-5-5-skala-richter.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.