NGOBROL UNTUK LITERASI EKONOMI SAMBIL BELAJAR (NGULEK SAMBEL) KEWIRAUSAHAAN PADA POSYANDU MAWAR KELURAHAN SAMBONGJAYA

Tine Badriatin, Lia Puspitasari, Sri Sudiarti, Lucky Radi Rinandiyana

Abstract


Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini merupakan kolaborasi berbagai pihak dalam rangka melaksanakan literasi dan edukasi pada bulan Inklusi Keuangan Nasional 2019. PPM ini mengambil tema “NGULEK SAMBEL (Ngobrol Untuk Literasi Ekonomi dan Keuangan Sambil Belajar) pemanfaatan kain bekasâ€. Program ini dilaksanakan pada Kader masyarakat sekitar  Posyandu Mawar Kelurahan Sambongjaya Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya.

Tujuan dalam program ini adalah memberikan literasi ekonomi dan keuangan bidang perbankan dan pasar modal disertai pelatihan kewirausahaan dengan pembuatan vas bunga sebagai hasil kreativitas kader posyandu dengan memanfaatkan kain bekas. Program ini melibatkan para praktisi yang sesuai dengan bidangnya yaitu literasi perbankan dari PT. Bank Negara Indonesia, Tbk., literasi pasar modal dari PT. Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk, sedangkan untuk pelatihan kewirausahaan melibatkan dosen kewirausahan dan pemasaran untuk pelatihan pemafaatan kain bekas yang digunakan untuk pembuatan vas bunga sebagai salah satu kreativitas kader posyandu mawar kelurahan Sambongjaya.

Metode yang digunakan adalah melalui metode ceramah dan pelatihan yang menghasilkan pengetahuan kepada kader posyandu mawar mengenai perbankan dan pasar modal dimana hasil dari PPM ini terlihat sudah adanya beberapa yang mempunyai tabungan dan terdaftar sebagai investor pasar modal serta menambah kreativitas baru bagi para kader dalam pembuatan vas bunga dengan memanfaatkan kain bekas. Namun demikian literasi ini masih memerlukan literasi yang berkelanjutan guna menambah pemahaman kader terutama mengenai pasar modal yang masih dianggap awam oleh masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Otoritas Jasa Keuangan (2017). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2016.

Mathius Robert, Jackson John. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Salemba empat.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Tomas W Zimmerer, Norman M Scarborough.2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta : Salemba Empat.

https://www.bni.co.id/id-id/beranda/promoacara/promoperbankan/articleid/5753

https://www.bni.co.id/id-id/personal/simpanan/tabunganku

https://www.reliancesekuritas.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.