PENGEMBANGAN WISATA EDUKASI DI TAMAN BUNGA MELALUI KEGIATAN BERMAIN SAMBIL BELAJAR DI DESA KENDANGDUKUH KECAMATAN WONOREJO KABUPATEN PASURUAN
Abstract
Wisata edukasi merupakan wisata pendidikan dalam suatu program yang menggabungkan unsur kegiatan wisata dengan muatan pendidikan di dalamnya di desa kendang dukuh Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan menawarkan sebuah wisata edukasi yang diberi nama "taman bunga" yang masih dalam tahap perkembangan. Peneliti mahasiswa KKN STITNU Al hikmah Mojokerto berinovasi untuk mengembangkan wisata desa dengan beberapa tujuan yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan pendapatan asli daerah, melestarikan alam dengan cara meningkatkan sumber daya manusia. Pada program kerja kali ini peneliti memilih dampingan kepada perangkat desa, Ibu tim penggerak PKK, pengelola taman bunga dan juga guru-guru PAUD agar taman bunga yang dahuunya terbengkai bisa menjadi objek yang bisa diminati kembali
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Hadisuwito, S. (2007). Membuat Pupuk Kompos Cair. Jakarta: Agromedia Pustaka
Isdarmanto (2017) Dasar-Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Wisata. Pertama. Yogyakarta: Gerbang Media Aksara.
Marjenah, W. Kustiawan, I. Nurhiftiani, K. H. M. Sembiring, R. P. Ediyono. (2017). Pemanfaatan Limbah Kulit Buah-Buahan Sebagai Bahan Baku Pembuatan Pupuk Organik Cair. Ulin - J Hut Trop, 1(2), 120-127.
Maulana, M. (2019). ASSET-BASED COMMUNITY DEVELOPMENT: Strategi Pengembangan Masyarakat di Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang. EMPOWER: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2), 259-278.
Simamora, S., dan Salundik. (2005). Meningkatkan Kualitas Kompos. Jakarta: Agromedia Pustaka
Suhastyo, A. A. (2019). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Melalui Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair. Jurnal PPKM, 6(2), 60-64.
DOI: https://doi.org/10.37058/jsppm.v9i2.9412
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pengabdian Siliwangi
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No.24 Kota Tasikmalaya
email: [email protected]
e-ISSN: 2477-6629 ; p-ISSN: 2615-4773
View My Stats