Analisis Validitas Media Pembelajaran LKPD dan Video Pembelajaran Hukum Bernoulli

Muhammad Agis, Rina Akbar Batani, Dewi Inda, Siti Susanti, Yarti N. Dorti, Asep Saefullah

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang ditujukan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan dari produk yang dibuat berupa media pembelajaran yang nantinya akan di uji cobakan kepada peserta didik apabila kelayakannya sudah teruji. Dalam penelitian ini digunakan lembar validasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari ahli validasi selanjutnya digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran menjadi lebih baik lagi kualitasnya. Teknik pengumpulan data berupa teknik analisis deskriptif kuantitatif yang berupa angka hasil perhitungan. Dalam penelitian ini mengangkat materi terkait penerapan hukum bernoulli pada gaya angkat pesawat terbang dalam rumpun ilmu IPA

Keywords


Bernoulli; Lembar Kerja Peserta Didik; Validitas; Video

References


Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 50–58. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72

Anshor, S., Sugiyanta, I. G., & Sri, R. K. U. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Penelitian Geografi, 3(7), 1–9.

Fuadi, H., Melita, A. S., & Syukur, A. (2021). Inovasi LKPD dengan Desains Digital Sebagai Media Pembelajaran IPA di SMPN 7 Mataram Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 167–174.

Hafidh Syifaunnur. (2015). Pengembangan Dan Analisis Kelayakan Multimedia Interaktif “Smart Chemist”Berbasis Intertekstual Sebagai Media Pembelajaran Kimia Sma. In UNNES Repository. https://lib.unnes.ac.id/22485/1/4301411110-S.pdf

Hidayah, N., & Nurtjahyani, S. D. (2017). Analisis Validitas Pengembangan Media Puzzle Berbasis Puzzlemake A match pada Sub Pokok Bahasan Sel Analysis of Validity of Puzzle Media Development Based on Puzzlemake a match on Select Sub Subsides. Biology Education Conference, 14(1), 575–580.

Irnando, A., Wanda, R., Muhamad, A. E., & Prita, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3800.

Laksono, D., Iriansyah, H. S., & Oktaviana, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interakif Powtoon pada Mata Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 255–262. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/685/450

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Nurhalimah, S. R., Suhartono, S., & Cahyana, U. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 160–167. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit%0AE-ISSN:

Sohibun, S., & Ade, F. Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 121. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2177

Supratman, E., & Purwaningtias, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(3), 310–315. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i3.958

Wiguna, M. C., Batulicin, S. B., Bumbu, T., & Selatan, K. (2016). Pengembangan LKPD IPA berbasis keterampilan proses untuk meningkatkan sikap ilmiah dan minat siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 176–183. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.12441

Yulisa, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Video Pembelajaran Fisika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Smp. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 37. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3445

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v7i1.4210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License