ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP SIMAK UNIVERSITAS SILIWANGI MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING

Erna Haerani, Alam Rahmatulloh

Abstract


Sistem Informasi dibangun sebagai fasilitas pendukung kinerja dalam suatu instansi yang dimaksudkan untuk mempermudah tugas pengguna (user) sehingga tercapai penghematan waktu, biaya dan sumber daya dalam pengambilan keputusan. Kepuasan pengguna dari suatu Sistem Informasi merupakan salah satu faktor atau pengukuran keberhasilan bagi setiap pengembangan dan implementasi Sistem Informasi pada suatu instansi atau perusahaan. Citra kualitas layanan yang baik dapat dilihat berdasarkan sudut pandang atau persepsi pengguna sistem informasi tersebut yang merupakan penilaian menyeluruh atas keunggulan suatu layanan. Penelitian ini akan menganalisa pengaruh variabel kualitas yang terdiri dari variabel tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan Mahasiswa. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Siliwangi yang menggunakan Sistem Informasi Akademik (SIMAK) dalam proses akademik atau pembelajaran yang dilakukan. Metode analisis verifikatif statistik pada penelitian dilakukan dengan menggunakan model analisis Structural Equation Modeling (SEM) dan alat yang digunakan untuk penelitian ini adalah LISREL 8.80. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara variabel tangibles, reliability, responsivness, assurance dan empathy terhadap kepuasan Mahasiswa. Sedangkan dari hasil analisis regresi diperoleh fakta bahwa kontribusi kelima variabel tersebut adalah 57% terhadap variabel kepuasan Mahasiswa.

Full Text:

PDF 40-46

References


E. W. Hidayat and A. Rahmatulloh, "Optimasi Server SIMAK Menggunakan Memcached dan Mirror Server Untuk Meningkatkan Kecepatan Akses Layanan Akademik Universitas Siliwangi," S@ CIES, vol. 5, no. 2, pp. 69-78, 2015.

E. W. Hidayat and A. Rahmatulloh, "Optimalisasi Kinerja Sistem Informasi Akademik Universitas Siliwangi menggunakan Memcached dan Mirror Server," in Konferensi Nasional Sistem Informasi, 2014.

A. Rahmatulloh and F. MSN, "Implementasi Load Balancing Web Server menggunakan Haproxy dan Sinkronisasi File pada Sistem Informasi Akademik Universitas Siliwangi," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 241-248, 2017.

E. W. Hidayat, F. M. SN and A. Rahmatulloh, "ANALISIS SERVICE QUALITY UNTUK MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN TIK DI UNIVERSITAS SILIWANGI," SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 5, no. 1, pp. 1-2-25, 2017.

A. Parasuraman, V. A. Zeithaml and L. L. Berry, "A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research," Journal of Marketing, vol. 49, p. 41–50, 1985.

A. Parasuraman, V. A. Zeithaml and L. L. Berry, "SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality," Journal of Retailing, vol. 64, p. 12–40, 1988.

Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Alfabeta, 2015.

Sevilla and C. G, Research Methods, Quezon City: Rex Printing Company, 2007.

Ghozali, Imam and Fuad, Struktural Equation Modelling: Pengantar, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.