PENGENALAN ANATOMI TUBUH MANUSIA BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK LABORATORIUM BIOLOGI

Pebri Ramdani, Eka Wahyu Hidayat, Rahmi Nur Shofa

Abstract


Media pembelajaran anatomi tubuh manusia dapat dikombinasikan dengan berbagai alat bantu lain diantarnya teknologi Augmented Reality (AR). Pengelola laboratorium sering disibukkan oleh banyaknya pengguna atau pengunjung yang menggunakan laboratorium, sehingga penyampaian atau pengenalan materi kurang tersampaikan. AR adalah sebuah pemanfaatan dari Computer Vision yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata (real time). Pada penelitian ini AR diterapkan pada laboratorium biologi sebagai alat bantu untuk penyampaian materi pengenalan anatomi tubuh manusia. Rancang bangun aplikasi ini menggunakan metode Luther Sutopo. Hasil percobaan pada penelitian ini menunjukan bahwa pengenalan anatomi tubuh manusia berbasis AR mampu membantu peran instruktur laboratorium dalam mendampingi dan memberikan bimbingan kepada peraktikan, serta diharapkan mampu menarik kembali minat pengunjung untuk datang ke laboratorium biologi.


Full Text:

PDF 72-77

References


Aha, SISTEM RANGKA PADA MANUSIA, http://www.ilmudasar.com/2016/11/Pengertian-dan-Fungsi-Sistem-Rangka-Pada-Manusia-adalah.html, 09 Maret 2018.

Azuma, Ronald T. 1997. A Survey of Augmented Reality. Malibu: Hughes Researce Laboratories.

Binanto I. 2009, Metode Pengembangan Multimedia https://iwanbinanto.wordpress.com/2009/01/19/metode-pengembangan-multimedia, 04 Mei 2018.

Faisal A. 2015. Implementasi Augmented Reality (AR) pada Benda Benda Koleksi di Museum Geologi Bandung Berbasis Mobile. Bandung:

Irwan M. 2013, WHITE BOX TESTING DAN BLACK BOX TESTING, http://tkjpnup.blogspot.co.id/2013/12/black-box-testing-dan-white-box-testing.html, 04 Mei 2018.

Luther, A. C., 1994, Authoring Interactive Multimedia, Massachusettes: Academic Press, Inc.

Martono, K. 2011. Augmented Reality Sebagai Metafora Baru dalam Teknologi Interaksi Manusia dan Komputer.

Riduwan, Pengertian Metode Observasi Definisi Menurut Para Ahli Dalam Penelitian, http://www.sarjanaku.com/2013/04/pengertian-metode-observasi-definisi.html, 02 Maret 2018.

Sukiniarti. 2009. Modul Anatomi Tubuh Manusia.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sutopo, A. H., 2003, Multimedia Interaktif dengan Flash, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Vaughan Tay. 2011. Multimedia: Making It Work, 8th Edition. New York City: McGraw-Hil




DOI: https://doi.org/10.37058/jssainstek.v5i2.1287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.