SISTEM REKOMENDASI PENJUALAN PRODUK PERTANIAN MENGGUNAKAN METODE ITEM BASED COLLABORATIVE FILTERING

Wawang Indriawan, Acep Irham Gufroni, Rianto Rianto

Abstract


Pertanian merupakan salah satu sektpr penting dalam pembangunan sebagai pemenuhan kebutuhan pangan, penyedia bahan mentah untuk industri, dan sebagai penyedia lapangan kerja baru. Karena kurang tersedianya informasi pasar membuat petani kesulitan dalam memasarkan produk pertanian yang dimilikinya. Selain itu disisi lain, pembeli (customer) ingin semakin dimudahkan membeli sebuah produk secara efektif dan efisien. Media informasi yang dapat diterapkan pada kasus tersebut adalah dengan membangun sebuah aplikasi android untuk memasarkan produk pertanian sedangkan bagi customer untuk mendapatkan informasi dan membeli produk pertanian yang berada diseorang petani sebagai penjual.  Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah aplikasi dengan menerapkan sistem rekomendasi yang menggunakan metode item based collaborative filtering untuk menghitung nilai kemiripan satu produk dengan produk yang lain. Collaborative filtering membutuhkan  data berupa nilai rating sebagai input utama untuk menghasilkan sebuah rekomendasi. Hasil penelitian ini yaitu membantu customer untuk mendapatkan sebuah rekomendasi produk secara tepat dan akurat.


Full Text:

PDF (53-59)

References


Indeks Pembangunan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (2017) No. 114/12/Th. XX.

Eko, I. R. (2002). Strategi dan Konsep Bisnis di Dunia Maya. Electronic Commerce.

Selang, C. A. (2013). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.3, 71-80.

Dzumiroh, L., & Saptono, R. (2012). Penerapan Metode Collaborative Filtering Menggunakan Ratting Implisit pada Sistem Perekomendasi Pemilihan Film di Rental VCD. JURNAL ITSMART Vol 1. No 2, 54-59.

Alfian, A. E. (2018). Sistem Rekomendasi laptop Menggunakan Collaborative Filtering Dan Content-Based Filtering. Jurnal Computech & Bisnis, 11-27.

Halim, Y. A. (2013). Digital Cakery Dengan Algoritma Collaborative Filtering. ISSN. 1412-0100 VOL 14, NO 1, 79-88.

Kurniawan, A. (2016). Sistem Rekomendasi Produk Sepatu Dengan Menggunakan Metode Collaborative Filtering. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 610-614.

Widiyati, u. E. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Kamus Istilah Akuntansi Pada Smartphone Dengan Metode Extreme Programming. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2014, 7-11.

Munawar. (2005). Pemodelan Visual. Jakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.