ANALISIS USABILITY DAN USER EXPERIENCE APLIKASI KONSULTASI KESEHETAN ONLINE MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE

Maman Surahman, Nur Widiyasono, Rohmat Gunawan

Abstract


Kesehatan merupakan suatu kondisi sejahtera badan, jiwa dan sosial yang harus selalu dijaga agar setiap manusia dapat hidup produktif. Terdapat berbagai aplikasi yang menawarkan layanan terkait kesehatan secara online, diantaranya: AloDokter, Halodoc, dan KlikDokter. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi komparasi aplikasi layanan kesehatan yang memiliki karateristik sama dalam kegunaan dan pengalaman pengguna. System Usability Scale (SUS) dalam pengukuran aspek penggunaan aplikasi dengan parameter: task success rate, time per completed task, number of clicks during task completion dan error during task performance, yang diberikan kepada 10 responden. Sedangkan untuk aspek pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dengan 6 skala: attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation dan novelty, dilakukan oleh 25 responden yang memiliki latar belakang berbeda. Focus Group Discussion (FGD) juga dilakukan untuk mengetahui persepsi dan permasalahan pengguna yang lebih detail. Hasil penelitian menunjukan bahwa responden memberikan persepsi positif terhadap ketiga aplikasi yang diiujikan, dengan nilai rata-rata mencapai bahkan melebihi angka 0,8, yang merupakan batas nilai hasil normal dan positif. Hasil analisis secara subjektif menunjukan permasalahan yang didapat dari pemetaan FGD dan wawancara pengalaman dari tugas skenario dari ketiga aplikasi yang diujikan. Permasalahan pada AloDokter mengarah kepada aspek Efisiensi (Efficiency), Efektifitas (Effectiveness). HaloDoc permasalahan yang muncul mengarah kepada aspek Efisiensi (Efficiency), Stimulasi (Stimulation). Sedangkan aplikasi KlikDokter permasalahan yang muncul mengarah kepada aspek Efisiensi (Efficiency), Stimulasi (Stimulation).

Full Text:

PDF (1-8)

References


W. Widiastuti et al., “Aplikasi sistem pakar deteksi dini pada penyakit tuberkulosis,†J. Sekol. Tinggi Teknol. Garut, vol. 09, no. 06, pp. 1–10, 2012.

R. Ayuninghemi and A. Deharja, “Pengembangan Layanan Aplikasi E- Konsul,†Pros. Semin. Nas. Has. Penelit. Politek. Negeri Jember, pp. 266–272, 2017.

M. A. W. Sadnyana, G. M. Darmawiguna, and M. A. Pradnyana, “Evaluasi Usability Sistem Informasi Prakerin Pendidikan Teknik Informatika Di Universitas Pendidikan Ganesha Dengan Metode Usability Testing,†Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 309–319, 2017.

S. V. Izabal, I. Aknuranda, and H. M. Az-zahra, “Evaluasi dan Perbaikan User Experience Menggunakan User Experience Questionnaire ( UEQ ) dan Focus Group Discussion ( FGD ) pada Situs Web FILKOM Apps Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 9, pp. 3224–3232, 2018.

J. Nielsen, “Usability 101: Introduction to Usability,†All Usability, pp. 1–69, 2012.

A. Garcia, “UX Research | Standardized Usability Questionnaire,†Https://Chaione.Com/Blog/Ux-Research-Standardizing-Usability-Questionnaires, pp. 1–7, 2013.

S. C. Peres, T. Pham, and R. Phillips, “Validation of the System Usability Scale (SUS): Sus in the Wild,†Proc. Hum. Factors Ergon. Soc., no. 1, pp. 192–196, 2013, doi: 10.1177/1541931213571043.

A. Hinderks, D. Winter, M. Schrepp, and J. Thomaschewski, “Applicability of user experience and usability questionnaires,†J. Univers. Comput. Sci., vol. 25, no. 13, pp. 1717–1735, 2019.

B. Laugwitz, T. Held, and M. Schrepp, “Construction and evaluation of a user experience questionnaire,†in HCI and Usability for Education and Work, 2008, vol. 5298 LNCS, pp. 63–76, doi: 10.1007/978-3-540-89350-9_6.

M. Rauschenberger, M. Schrepp, M. Perez-Cota, S. Olschner, and J. Thomaschewski, “Efficient Measurement of the User Experience of Interactive Products. How to use the User Experience Questionnaire (UEQ).Example: Spanish Language Version,†Int. J. Interact. Multimed. Artif. Intell., vol. 2, no. 1, p. 39, 2013, doi: 10.9781/ijimai.2013.215.

M. Schrepp, “User Experience Questionnaire Handbook Version 8,†URL https//www. Res. net/publication/303880829_User_Experience_Questionnaire_Handbook_Version_2.(Accessed 02.02. 2017), no. September 2015, pp. 1–15, 2019, doi: 10.13140/RG.2.1.2815.0245.




DOI: https://doi.org/10.37058/jssainstek.v7i1.3180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.