PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN MAHASISWA BERPRESTASI

Agnia Eva Munthafa, Husni Mubarok

Abstract


Setiap mahasiswa memiliki hak yang sama untuk mengikuti program pemilihan mahasiswa berprestasi. Oleh karena itu, sebaiknya pemilihan mahasiswa berprestasi dilakukan secara terbuka dan transparan pada tingkat perguruan tinggi. Namun pelaksanaan ini dapat menimbulkan banyaknya pendaftar yang dapat menyebabkan sulitnya mengelola data dan nilai dalam menentukan mahasiswa berprestasi. Konsep sistem pendukung keputusan dapat diterapkan sebagai alat bantu dalam menentukan mahasiswa berprestasi. Salah satu metode yang relevan serta memiliki penghitungan nilai konsistensi dalam menentukan tingkat prioritas kriteria adalah metode Analytical Hierarchy Process. Output dari penelitian ini merupakan sistem yang dapat memberikan rekomendasi alternatif penerima mahasiswa berprestasi dengan nilai indeks konsisten sebesar 0,06, sehingga hierarki yang dibentuk dapat diterima.

Full Text:

PDF 192-201

References


Asfi, Marsani & Ratna Purnama Sari. (2010). Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP (Studi Kasus: STMIK CIC Cirebon). Jurnal Informatika.

Basuki, Awan Pribadi. (2016). Konsep dan Implementasi Pemrograman Laravel 5 Studi Kasus: Aplikasi Pengelolaan Data Siswa Menggunakan Laravel Versi 5.2. Yogyakarta: CV. Lokomedia.

Hidayat, Eka Wahyu. (2015). Multi Attribute Decission Making (MADM) Analytic Hierarchy Process.

Kusumadewi, Sri. (2007). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: CV. Graha Ilmu.

Magdalena, H. (2012). Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Mahasiswa Lulusan Terbaik di Perguruan Tinggi (Studi Kasus STMIK Atma Luhur Pangkalpinang). SENTIKA.

Saaty, T. L. (2008). Decision Making with the Analytic Hierarchy Process. Int. J. Services Sciences, 83-98.

Sari, Nurma Agus, dkk. (t.thn.). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. TIKomSiN, 48-55.

Sasmita, Machliza Devi. (2014). Extreme Programming Sebagai Metode Pengembangan Sistem. Paper Ilmiah, tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Bina Nusantara.

Sonata, Yance & Meri Azmi. (2010). Penerapan Metode AHP dalam Menentukan Mahasiswa Berprestasi. POLI REKAYASA, 128-136.

Syaifullah. (2010). Pengenalan Metode AHP ( Analytical Hierarchy Process)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.