IMPLEMENTASI YOAST SEO DAN OPTIMASI KEYWORD UNTUK MENINGKATKAN RANK PADA GOOGLE SEARCH ENGINE RESULT PAGE (SERP)

Hasanudin Hasanudin, Nur Widiyasono

Abstract


Update algoritma terbaru google memberikan dampak menurunnya jumlah pengunjung pada sebuah website, hal ini dikarenakan metode optimasi Search Engine Optimization (SEO) yang sudah tidak berlaku lagi pada algoritma google yang baru. Yoast SEO MERUPAKAN salah satu plugin SEO yang mempunyai fungsi untuk mengoptimasi SEO pada sebuah website. Tujuan dari penelitian ini menerapkan YOAST SEO dan optimasi keyword untuk meningkatkan rank pada GOOGLE SEARCH ENGINE RESULT PAGE (SERP) pada suatu website. Dua website dikembangkan untuk dijadikan percobaan penerapan YOAST SEO dan beberapa skenario dibuat untuk dilakukan dalam percobaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode YOAST SEO yang ditambahakan beberapa source code untuk mengoptimasi kata kunci lebih efektif di dibandingkan YOAST SEO tanpa tambahan source code.


Full Text:

PDF(58-65)

References


R. Muliono, “OPTIMASI WEBSITE BERBASIS CMS PADA GOOGLE PEGESPEED,” CESS (Journal Of Computer Engineering, System And Science), pp. Vol 1, No 2, 2016.

F. Hamidy, “Pendekatan Analisis Fishbone untuk Mengukur Kinerja Proses Bisnis Informasi e-Koperasi,” Jurnal TEKNOINFO Vo.10 No.1 ISSN: 1693-0010, 2016.

W. T. Y. Saputro, “Penerapan Search Engine Optimization (SEO) Dalam Meningkatkan Trafik Menggunakan White Hat SEO,” Program Studi Sistem Informasi, Universitras Ahmad Dahlan, Yogyakarta, 2020.

A. R. L. H. a. A. Tarmuji, "Analisis Penerapan SEO(Search Engine Optimization) dan SMO," Jurnal Sarjana Teknik Informatika, pp. 1-6, 2014.

K. B. Y. B. Silvester Dian Handy Permana, “Analisis Hasil Improvisasi SEO dengan Metode Hybrid Modified MCDM untuk Peningkatan Peringkat Dan Trafik Kunjungan Website UMKM,” Jurnal SISFOKOM, Vol 08, No 01, pp. 85-91, 2019.

D. A. Septiyan Sujatmiko, “Analisis Google Image Index Perbandingan SEO Expired Domain dan Fresh Domain Studi Kasus Toko Online,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia , pp. 25-30, 2018.

A. Satria, “Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA),” ANALISIS SITUS WEBSITE SPORTAWAYS.COM DAN TOPSCORE.ID MENGGUNAKAN METODE SEO WHITE HAT, p. 9, 2019.

D. P. Robby Yuli Endra, “Analisis Perbandingan Teknik SEO Antara Google Webmaster Dan Bing Master Menggunakan Gap Analisis,” Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, pp. 15-27, 2017.

W. N. W. a. A. Riyanto, "Analisis dan Penerapan Search Engine Optimalization Pada Website Menggunakan Metode White Hat SEO Studi Kasus di PT.Suryaputra Adipradana," pp. 1-6, 2018.

D. Riandika, “Implementasi E-Commerce Dengan Teknik SEO dan Strategi Pemasaran 4P Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Aksesoris Motor Pada XYZ Motoshop,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, Vol. %1 dari %2Volume 4, Nomor 3, pp. 785-796, 2020.

M. H. Bagus Widiyanto, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Search Engine Optimization Pada Burgeon Indonesia,” INFOS Journal Vol. 1. No. 2, pp. 7-12, 2019.

R. B. H. a. D. Ariyus, “Implementasi SEO (Search Eengine Optimization) pada Website AGC (Auto Generated Content) Untuk Meningkatkan SERP (Search Engine Result Page) Studi Kasus Website Gallery,” UNIVERSITAS AMIKOM Yogyakarta, pp. 1-6, 2018.

Y. H. Akbar, “Analisis Dan Evaluasi Peringkat Website Perguruan Tinggi Terbaik Di Indonesia Menggunakan Teknik Search Engine Optimization (SEO),” Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK Vol 11 No.2 , pp. 119-133, 2017.

N. D. H. J. S. Ahmad Arifin, “Analisis Penerapan Metode Search Engine Optimization (SEO) Untuk Meningkatkan Traffic Website Berbayar dan Tidak Berbayar,” Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Vol. 4, No. 2, pp. 20-49, 2019.

F. S. Ahmad , “Analisis Pemanfaatan Search Engine Optimization dalam Meningkatkan Penjualan Produk UKM di Pasar Internasional,” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 50 No. 6 , pp. 96-105, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.