API (APPLICATION PROGRAMING INTERFACE) MIKROTIK UNTUK OTENTIKASI SISTEM AKADEMIK UNIVERSITAS SILIWANGI

Firmansyah Maulana Sugiartana Nursuwars

Abstract


Universitas Siliwangi memiliki sistem untuk pengelolaan penggunaan akses jaringan, baik jaringan lokal maupun jaringan internet. Sistem tersebut diperuntukan bagi mahasiswa, dosen, staff dan tamu yang membutuhkan akses terhadap jaringan di Universitas Siliwangi. Masing – masing memiliki username dan password untuk dapat masuk kedalam jaringan di lingkungan Universitas Siliwangi. Sistem pengelolaan penggunaan akses jaringan ini dibangun dengan RouterOS MikroTik dan Radius Server. Sistem tersebut merupakan pintu utama untuk bisa mengakses sistem lainnya yang berada pada jaringan Universitas Siliwangi. Permasalahan yang sering terjadi adalah pengguna harus melakukan proses login beberapa kali untuk mengakses sistem yang berbeda dengan username dan password yang berbeda pula. Hal tersebut membuat pengguna sering tertukar menggunakan username dan password untuk login ke aplikasi yang diinginkan. Untuk mengatasi permasalahan banyaknya username dan password untuk satu orang pengguna dan menghindarkan tertukarnya username dan password maka dibuat sistem otentikasi dengan memanfaatkan API MikroTik untuk dapat mengakses Sistem Akademik Universitas Siliwangi. Untuk mengakses SIMAK pengguna tidak perlu memasukan kembali username dan password.


Full Text:

PDF 65-71

References


K. Iskandar, I. Ibrahim, and Reina, “Perancangan Sistem Informasi Akademis Perguruan Tinggi Berbasis Data Dikti / EPSBED,” ComTech, vol. 2, no. 2, pp. 771–782, 2011.

S. Aswati, N. Mulyani, Y. Siagian, and A. Z. Syah, “Peranan Sistem Informasi Dalam Perguruan Tinggi,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 79–86, 2015.

A. Supriyono and I. Riadi, “Rancang bangun sistem hotspot menggunakan captive portal,” Jstie, vol. 1, pp. 172–180, 2013.

B. S. Sujalwo; Handaga, “Menggunakan Mikrotik Router ( Computer Network Management Used With Microtic Router ),” Komuniti, vol. II, no. 2, pp. 32–43, 2011.

J. W. Kannel and S. S. Bupara, “Rheology of Lubricants in Real Bearing Contacts.,” J Lubr Technol Trans ASME, vol. 97 Ser F, no. 2, pp. 228–235, 1975.

A. Rahmatulloh and F. M. S. Nursuwars, “Implementasi Load Balancing, Web Server Menggunakan Haproxy Dan Sinkronisasi File Pada Sistem Informasi Akademik Universitas Siliwangi,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 241–248, 2017.

S. Silva, Web Server Administration. Course Technology CENGAGE Learning, 2011.

G. N. Suryantara, “Merancang Aplikasi dengan Metodologi Extreme programmings,” PT.Elex Media komputindo, no. May 2017, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.