PERBANDINGAN WAKTU DAN KECEPATAN PROSES ENKRIPSI DAN DEKRIPSI DATA TEKS.TXT MENGGUNAKAN ALGORITMA DES DAN 3DES

Akik Hidayat, Deni Setiana

Abstract


3DES (Triple Data Encryption Standard)  adalah salah satu sistem enkripsi berlapis tiga dari sistem yang sebelumnya sudah ada, yaitu DES (Data Encryption Standard). Triple DES lebih aman dari DES, karena mengalami enkripsi tiga kali.Pada awalnya, ukuran kunci sandi DES yaitu 56 bit sudah mencukupi pada saat algoritma ini dibuat. Namun, dengan meningkatnya kemampuan komputasi, serangan brutal telah mungkin terjadi. Triple DES menyediakan metode yang sederhana dengan menambah ukuran kunci DES untuk mencegah serangan tersebut, tanpa memerlukan perancangan sandi blok (block cipher) yang sama sekali baru. Pada DES menggunakan satu kunci yang panjangnya 56-bit, sedangkan pada 3DES menggunakan 3 kunci yang panjangnya 168-bit (masing-masing panjangnya 56-bit). Pada 3DES, 3 kunci yang digunakan bisa bersifat saling bebas (K1 ≠ K2 ≠ K3) atau hanya dua buah kunci yang saling bebas dan satu kunci lainnya sama dengan kunci pertama (K1 ≠ K2 dan K3 = K1). Karena tingkat kerahasiaan algoritma 3DES terletak pada panjangnya kunci yang digunakan, maka penggunaan algoritma 3DES dianggap lebih aman dibandingkan dengan algoritma DES. Untuk memudahkan penggunaan algoritma 3DES, diperlukan software untuk dapat mengenkripsi dan mendekripsi file yang berekstensi .txt. serta mengetahui kecepatan dan kekuatan terhadap brute force menggunakan algoritma 3DES.

Full Text:

PDF 93-99

References


]. Achmad, Ikhwanudin. 2007. An Application of Generalized Inverse Matrices on the Hill Cipher, (online), http://www.ikhwan.web.ugm.ac.id, (diakses 22 Januari 2018).

. Away, Gunaidi A. 2006. The Shortcut of Matlab Programming. Bandung: Informatika.

. Bartle, Robert G.1994. Introduction to Real Analysis Second Edition. Singapore: John Wiley.

. Felix, Fidens. 2006. Dasar Kriptografi, (online), http://www.ilmukomputer.com, (diakses September 2007).

. Hasan, Rusydi. 2003. Mengenal Algoritma DES, (online), http://www.ilmukomputer.com, (diakses September 2017).

. Kendall and Kendall. 2002. Analisis dan Perancangan Sistem Edisi ke-5 Jilid 2. Terjemahan oleh Thamir Abdul Hafedh. 2003. Jakarta: Indeks.

. Menezes, Alfred J. 1996. Handbook of Applied Cryptography. CRC Press.

. NIST. 2004. Recommendation for the Triple Data Encryption Algorithm (TDEA) Block Cipher, (online), http://www.csrc.nist.gov, (diakses 22 Januari 2018).

. Purcell, Edwin J. 2001. Kalkulus Edisi ke-7 Jilid 1. Terjemahan oleh I Nyoman Susila. 2001. Bandung: Interaksara.

. Risanto. 2006. Keamanan Data dengan Kriptografi Kunci Simetris Algoritma DES. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Program PascasarjanaUNPAD.

. Stinson, Douglas. 1995. Cryptography: Theory and Practice, (online), http://www.easywebtech.com, (diakses 22 Januari 2018).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.