PERANCANGAN ANTARMUKA APLIKASI LAYANAN PEMESANAN MAKANAN DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN

Yorissa Silviana, Feyza Putri Aulia Pratami, Sheptianna Healtha Rukiman

Abstract


Bisnis kuliner atau makanan, terus berkembang pesat. Hal ini juga didukung oleh salah satu kebutuhan remaja untuk sosialisasi diri dalam pergaulan sebayanya sehingga rumah makan dan kafe menjadi tempat-tempat yang dituju. Kualitas pelayanan dan cita rasa makanan mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap kepuasan pelanggan. Proses pemesanan yang terjadi pada beberapa tempat makan, restoran atau kafe masih menggunakan cara konvensional, dengan datang langsung ke lokasi dan antri di kasir atau menunggu pelayan datang ke meja pelanggan. Seiring berjalannya waktu perkembangan teknologi dan informasi khususnya dalam industri kuliner terus berkembang, dengan berbagai inovasi. Salah satu contohnya, layanan pemesanan mandiri seperti yang terdapat restoran cepat saji. Keberadaan aplikasi berbasis smartphone yang dapat mendukung kelancaran pemesanan makanan, tentunya akan sangat membantu. Oleh karena itu, dalam penelitian akan dilakukan perancangan antarmuka aplikasi pemesanan makanan dengan metode User-Centered Design (UCD). Setelah penelitian ini dilakukan berhasil dikembangkan 15 rancangan antarmuka aplikasi layanan pemesanan makanan.

Full Text:

(PDF 14-19)

References


Heryawan Wisnuyana, “Analisis Dan Perancangan User Interface Aplikasi Transaksi Pemesanan Dan Pemasaran Pada Kunokini Cafe & Resto Berbasis User Centered Design (UCD)”, Tugas Akhir, 2021.

Muhammad Noor Fadillah, “Membangun Sistem Penjualan Makanan Siap Saji”, Tugas Akhir, 2018.

Syajaratuddur, “Pembangunan Sistem Informasi Penjualan, Pembelian Dan Persediaan Pada Cafe Jeng Ucie”, Skripsi, 2013.

Trean Khautsar Maharputrananda, Rina Febriana, and Priyono, “Pengembangan Aplikasi Perhitungan Harga Jual Berbasis Android Pada Bidang Usaha Roti”, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol.9, no.2, pp.232-244, 2022.

Fadhil Jatmiko, “Perancangan Uiux Berbasis Android Untuk Proses Bisnis Sapuangin Kopi Basecamp Merapi Dengan Menggunakan Metode Design Thinking”, Tugas Akhir, 2021.

Mochamad Nanda Fatahillah Riszky and Andi Iwan Nurhidayat, “Rancang Bangun Aplikasi Pesan Antar Makanan Cepat Saji Berbasis Website”, Jurnal Manajemen Informatika, vol. 8, no.2, pp.6-58, 2018.

Tuti Handayani, Nur Hidayat, and Rohmat Taufiq, “Rancang Bangun Sistem Informasi Data Penjualan Berbasis Web Pada Kedai Payon Kopi”, Proceeding SENDIU, 2020.

Riski Wahyu Nugroho, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Untuk Startup Bisnis Cafe Online Pada Cafe Di Daerah Caruban Jawa Timur Berbasis Web”, Tugas Akhir, 2018.

Anggono Arimoyo, “Sistem Layanan Pemesanan Fastfood Di KFC Berbasis J2ME”, Tugas Akhir, 2009.

Danyl Mallisza, M Ilham A Siregar, Oskah Dakhi, and Irvani Ramadhana, “Sistem Pemesanan Makanan Di Mini Resto Aa Fried Chicken”, Journal of Scientech Research and Development, vol.2, no.1, pp.43-57, 2020.




DOI: https://doi.org/10.37058/jssainstek.v9i1.6252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.