PERANCANGAN ANTARMUKA SISTEM TRANSAKSI PEMESANAN MAKANAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS: WAROENG GEPREK KAMPUS)

Delta Putik Kemuning, Selmi Dina Aulia, Muliani Br Ginting

Abstract


Perkembangan teknologi memberi peran penting dalam memfasilitasi masyarakat untuk memperoleh dan menyebarkan informasi. Ditambah internet dan pendukung mobilitasyaitu smartphone memungkinkan setiap orang melakukan banyak hal, salah satunyapemanfaatan kemajuan teknologi tersebut untuk mengembangkan bisnis usaha. Dan hal tersebut yang menjadi latar belakang perancangan antarmuka sistem transaksi pemesanan makanan untuk tempat makan Waroeng Geprek Kampus. Waroeng Geprek Kampus adalah salah satu usaha dibidang kuliner Tasikmalaya yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Geprek Kampus sudah memiliki banyak pelanggan terlebih karena lokasinya yang strategis yaitu berada di pusat kota tasikmalaya dan tepat di depan Universitas Siliwangi sehingga sangat mampu menarik minat mahasiswa dan masyarakat sekitar. Waroeng Geprek Kampus Sendiri belum memiliki suatu sistem penyedia informasi untuk pengelolaan dan pemesanan makanan berbasis online sehingga pelanggan harus melakukan transaksi pemesanan melalui platform layanan lain yang terdaftar atau bahkan dengan datang langsung ke store Waroeng Geprek Kampus dan dirasa kurang optimal karena kurang praktis. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah teknologi yang dapat membantu pengguna dalam melakukan pemesanan dengan tampilan yang menarik, efisien dan user friendly dengan menggunakan metode User Centered System sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan pemesanan menu makanan serta minuman. Selain itu, perancangan antarmuka sistem transaksi pemesanan makanan Waroeng Geprek Kampus juga diharapkan dapat memberikan inovasi dan pengembangan untuk tempat makan Waroeng Geprek kampus agar tetap kekinian dan mampu bersaing.
Kata Kunci : Antarmuka, Bisnis Kuliner, Sistem Informasi, User-friendly, User Centered System, System, Waroeng Geprek Kampus.


Full Text:

PDF (13-20)


DOI: https://doi.org/10.37058/jssainstek.v8i1.6267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.