PERANCANGAN ANTAR MUKA APLIKASI TAMAN WISATA BERBASIS ANDROID

Alisa nur Fadillah, Hudan Mustaqiem, Agung Maulana

Abstract


Semenjak adanya Covid-19 banyak tempat wisata yang ditutup atas peraturan pemerintah, hal ini mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Ketersediaan aplikasi berbasis mobile yang memberikan informasi terkait objek wisata merupakan salah satu cara yang dapat diguanakan untuk mempromosikan objek wisata. Selain dari itu aplikasi seperti ini, biasa menyediakan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh pengguna. Aplikasi yang baik tentunya harus dirancang dengan matang. Berdasarkan permasalahan tersebut dalam penelitian ini diusulkan untuk melakukan perancangan antar muka aplikasi taman wisata dengan menggunakan metode Design Thinking. Setelah dilakukan penelitian, berhasil dibuat tabel kebutuhan fungsional, user flow desain aplikasi, 9 desain low fidelity, 9 high fidelity, dan screen flow.


Full Text:

(PDF 16-21)

References


A. A, “Taman Wisata Karang Resik Kota Tasikmalaya Memadukan Beragam Konsep Rekreasi,” insiden24.com, 2022.

N. P. N. Ramadhani, R. K. Dewi, and Fais Al Huda, “Perancangan User Experience Aplikasi Promosi Wisata Lahor di Masa Pandemi menggunakan Metode Design Thinking Title,” vol. 6, pp. 2557–2566, 2022.

Fitra Arie Budiawan, “14523088 - Fitra Arie Budiawan - Laporan Skripsi,” DESAIN Interak. Apl. PLATFORMTRAVELERMENGGUNAKAN PENDEKATAN Des. THINKINGHALAMAN JUDULDisusun OlehN a m aNIM Fitra Arie Budiawan 14523088progr. Stud. Tek. Inform. –progr. SARJANAFAKULTAS Teknol. Ind. Islam Indones., 2019.

A. A. Misi, H. Tolle, and H. M. Az-zahra, “Perancangan Desain Interaksi Aplikasi Info Wisata Kota Malang Modul Info Wisata dengan Metode Competitive Analysis,” vol. 5, no. 2, pp. 681–689, 2021.

D. Dhanar, “Desain Interaksi Aplikasi Pengenalan Wisata Rintisan Menggunakan Metode User Centered Design,” 2019.

S. Soedewi, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website Umkm Kirihuci,” Vis. J. Online Desain Komun. Vis., vol. 10, no. 02, p. 17, 2022, doi: 10.34010/visualita.v10i02.5378.

A. Nabila, R. Kartika Dewi, and R. S. Sianturi, “Perancangan User Experience Aplikasi Thriftshop di Masa Pandemi berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking,” vol. 6, no. 5, pp. 2507–2516, 2022, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

M. A. Anshari, “Desain Interaksi Aplikasi Safe Tourism Untuk Nusa Tenggara Barat,” 2016.

A. A. B. Ginting and D. P. Utomo, “Perancangan Aplikasi Catalog Wisata Di Sumatera Utara Menggunakan Algoritma Rabin-Karp,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 57–63, 2019, doi: 10.30865/komik.v3i1.1568.

N. Ridwansyah, “Desain Interaksi Aplikasi Go Tawangmangu (GOTW) untuk Perkiraan Kunjungan Wisatawan dengan Metode Hartson-Pyla,” 2018, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12429%0Ahttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/12429/14523243-Novreza Ridwansyah-Laporan skripsi.pdf?sequence=1&isAllowed=y




DOI: https://doi.org/10.37058/jssainstek.v10i1.6276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.