IMPLEMENTASI METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI ONLINE COURSE

Yolla Athallah Puteri, Dini Aulia, Ajeng Alya Kartika Sari

Abstract


Kursus online merupakan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan dengan berbagai cara , misalmya menyelesaikan tugas, membaca materi, menonton video tertentu dalam mempelajari suatu hal baik itu didampingi oleh mentor atau pun secara mandiri. Kursus online akhir – akhir ini sangat diminati dan meningkat lebih pesat setelah pandemi. Mengandalkan platform mobile kursus online dirancang supaya mudah untuk digunakan dan dipelajari dimanapun dan kapanpun. Belajar secara online sangat berkaitan dengan desain UI/UX yang memengaruhi efektivitas dan ketertarikan pengguna dalam belajar. Untuk itu dilakukan perancangan sebuah UI/UX design yang bertujuan mengoptimalkan perannnya sebagai media perantara user dan perangkat lunak. Metode design yang digunakan yaitu metode design thinking . Metode desain thinking merupakan menciptakan desain dengan langkah memberikan empati kepada user sehingga mengetahui yang dibutuhkan dan mendapatkan ide untuk memulai membuat prototype yang tahap terakhirnya yaitu pengujian. Dengan metode perancangan desain thinking ini bertujuan untuk mendapatkan desain yang dibutuhkan oleh pengguna, mudah dioperasikan oleh siapapun dan meningkatkan minat belajar.

Full Text:

PDF (60-65)

References


A. Duff, “The revised approaches to studying inventory (RASI) and its use in management education,†Active learning in higher education, Vol. 5, No. 1, pp. 56-72, 2004.

V. Singh & A. Thurman, "How many ways can we define online learning? A systematic literature review of definitions of online learning (1988-2018)," American Journal of Distance Education, Vol. 33, No.4, pp. 289-306, 2019.

M. N. el Ghiffary, T. D. Susanto, and A. Herdiyanti, “Analisis Komponen Desain Layout, Warna, dan Kontrol Pada Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Berdasarkan Kemudahan Penggunaan (Studi Kasus: Aplikasi Olride),†Surabaya, 2018.

Sudarmawan and D. Ariyus, Interaksi Manusia dan Komputer, vol. 1. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2007.

Swarnadwitya, A. (2020). Design Thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannya. sis. binus. ac. id, 17.

M. Soegaard and Interaction Design Foundation, “The Basics of UserExperience Design by Interaction Design Foundation,†2020. Accessed: Jun. 06, 2020. [Online]. Available: https://www.interaction-design.org/ebook

catalystindonesia.id, “Design Thinkingâ€. 2022. Accessed: Des. 20, 2022. [Online]. Available:

https://www.catalystindonesia.id/info/design-thinking

Binus.ac.id, “Design Thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannyaâ€. 2020. Accessed: Des. 19, 2022. [Online]. Available: https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/design-thinking-pengertian-tahapan-dan-contoh-penerapannya/

gramedia.com, “Design Thinking: Pengertian, Tahapan, dan Contoh Penerapanâ€. 2021. Accessed: Des, 19 2022. [Onlie]. Available: https://www.gramedia.com/literasi/design-thinking/

toffeedev.com, “5 Tahapan Design Thinking dalam Mengembangkan Strategi Digital Marketingâ€. 2022. Accessed: Des. 21, 2022. [Online]. Available: https://toffeedev.com/blog/tahapan-design-thinking/




DOI: https://doi.org/10.37058/jssainstek.v8i2.6280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.