PERANCANGAN ANTARMUKA APLIKASI LAUNDRY BERBASIS ANDROID

Lutfi Julpian

Abstract


Toko laundry merupakan suatu bisnis yang bergerak di bidang jasa pencucian dan perawatan pakaian serta tekstil lainnya. Bisnis ini kian tumbuh, ditandai dengan bermunculan tempat laundry baru yang menawarkan harga yang kompetitif dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Ketersediaan aplikasi berbasis smatphone guna mendukung pemesanan jasa laundry bagi konsumen, merupakan salah satu nilai tambah bagi jasa laundry. Aplikasi pemesanan jasa laundry yang dibangun hendaknya dirancang dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu dalam penelitian ini diusulkan suatu rancangan tampilan aplikasi laundry berbasis android. Peracangan low fidelity yang dibuat menggunakan tulisan tangan dan rancangan high fidelity dibuat menggunakan figma. Percobaan peracangan tampilan pada penelitian ini telah berhasil dibuat 8 rangancangan tampilan low fidelity dan 8 rancangan tampilan high fidelity.

Full Text:

(PDF 1-7)

References


M. Prawiro, "Maxmanroe," Pengertian Smartphone, Sistem Operasi, Fitur, dan Jenis Smartphone, 16 Mei 2018. [Online]. Available: https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/mobile-app/pengertian-smartphone.html. [Accessed 16 Desember 2022].

S. Y. M. G. A.-F. Y. W. Anita Desiani, "Perancangan perangkat lunak pada aplikasi pelayanan dan pemesanan laundry online berbasis android," Jurnal Penelitian Sains (JPS), vol. 22, no. 3, 2020.

W. S. Bintara, "Dianisa," Pengertian Android – Definisi, Fungsi, Sejarah, Kelebihan, 9 Juni 2022. [Online]. Available: https://dianisa.com/pengertian-android/. [Accessed 16 Desember 2022].

R. D. Kurnia, "Qoala," 9 April 2021. [Online]. Available: https://www.qoala.app/id/blog/inspirasi/apa-itu-usaha-laundry/. [Accessed 15 Desember 2022].

H. Sjafei, "Kompas," 18 Agustus 2022. [Online]. Available: https://buku.kompas.com/read/2051/metode-penelitian-studi-literatur-apa-itu. [Accessed 15 Desember 2022].

F. E. M. A. U. S. Y. I. Syifa Fauzia, "Perancangan Prototype Tampilan Antarmuka Pengguna Aplikasi Web Kamardagang.com dengan Teknik Flat Design Pada PT. Selaras Utama Internasional," Jurnal Teknik Informatika, vol. 9, no. 2, 2016.

H. M. A.-Z. T. A. Wiwit Susilo Ningsih, "Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Prakerin berbasis Website menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: SMKN 2 Sragen)," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 12, 2021.

R. F. Lubis, "Perancangan Antarmuka Aplikasi Berbasis Web Menggunakan User Centered Design Dalam Pembelajaran Keragaman Budaya," JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. 4, no. 1, 2017.

G. Zakawali, "Sirclo Store," 5 Manfaat Aplikasi Canva, Tools Desain Andalan Sejuta Umat!, 18 Oktober 2022. [Online]. Available: https://store.sirclo.com/blog/manfaat-aplikasi-canva/. [Accessed 16 Desember 2022].

Dwinawan, "Medium," 30 Oktober 2017. [Online]. Available: https://medium.com/insightdesign/istilah-istilah-dalam-bidang-ui-ux-59f125628742. [Accessed 16 Desember 2022].

N. Rahmalia, "Glints," Yuk, Kenalan dengan Wireframing untuk Desain UI/UX, 11 Februari 2021. [Online]. Available: https://glints.com/id/lowongan/wireframe-adalah/#.Y5wbtXZBy3A. [Accessed 16 Desember 2022].




DOI: https://doi.org/10.37058/jssainstek.v9i1.6331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.