Perencanaan Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Kuliah Kerja Nyata Menggunakan Zachman Framework

Husni Mubarok, Rianto Rianto, Akhmad Satori

Abstract


Kuliah Kerja Nyata merupakan bagian kegiatan tri dharma perguruan tinggi bersifat multidisipliner dan dilaksanakan secara rutin setiap satu tahun sekali ataupun satu tahun dua kali. Selain sivitas akademika, kegiatan ini melibatkan pihak lain yakni masyarakat dan pemerintah daerah, sehingga kegiatan tersebut perlu didesain secara baik, mulai dari perencanaan sampai dengan proses monitoring dan evaluasi. Dari sisi perencanaan permasalahan yang muncul adalah mengenai penempatan dan pengelompokkan peserta KKN yang rata-rata untuk setiap tahunnya diikuti oleh lebih dari 2000 orang dengan kondisi tempat KKN yang terbatas. Selain itu, dari sisi program dan tema yang dijalankan tidak terawasi dengan baik, sehingga kontinuitas program yang dilaksanakan cenderung tidak terjaga dan sangat dimungkinkan terjadi pengulangan program untuk setiap pelaksanaan KKN tersebut. Penggunaan Sistem Informasi merupakan solusi yang efektif dan efisien untuk mengatasi permasalahan tersebut. Meskipun saat ini sudah menggunakan sistem informasi KKN akan tetapi lebih banyak ke fungsi perencanaannya saja, tidak secara menyeluruh sampai dengan fungsi monitoring dan evaluasi. Hal ini dapat terjadi akibat dari pengembangan aplikasi atau sistem informasi yang bersifat add hoc atau tidak direncanaan secara menyeluruh. Oleh karena itu, untuk membangun sistem informasi KKN yang utuh perlu dilakukan analisis kebutuhan informasi yang mencakup keseluruhan proses kegiatan KKN. Paper ini akan membahas kebutuhan informasi mulai dari fungsi perencanaan sampai dengan fungsi monitoring dan evaluasi. Hasil analisis dapat digunakan untuk mendukung pengembangan aplikasi atau Sistem Informasi yang sudah ada.

Full Text:

PDF 8-13

References


LP2M-PMP, Kuliah kerja nyata tematik periode ii tahun akademik 2015/2016. LP2M-PMP Universitas Siliwangi, 2016.

K.-T. Chang, “Geographic Information System,” Int. Encycl. Geogr. People, Earth, Environ. Technol., 2006.

T. Ater, Building Progressive Web Apps. O’Reilly Media, 2017.

NN, “GIS - Simple English Wikipedia, the free encyclopedia.” [Online]. Available: https://simple.wikipedia.org/wiki/GIS. [Accessed: 16-Feb-2018].

P. S. Singh, D. Chutia, and S. Sudhakar, “Development of a Web Based GIS Application for Spatial Natural Resources Information System Using Effective Open Source Software and Standards,” J. Geogr. Inf. Syst., vol. 4, no. 3, pp. 261–266, 2012.

Y. Murayama and R. Estoque, “Fundamentals of Geographic Information System,” pp. 1–28, 2010.

D. Pandey, Jatin and Pathak, Geographic Information System. The Energy and Resources Institute (TERI), 2014.

P. LePage, “Progressive Web App Anda yang Pertama | Web | Google Developers.” [Online]. Available: https://developers.google.com/web/fundamentals/codelabs/your-first-pwapp/?hl=id. [Accessed: 16-Feb-2018].

D. A. Sumarto and T. Setiadi, “Penerapan Peta Digital Untuk Monitoring Kkn Posdaya Universitas Ahmad Dahlan Bebasis Google Maps Api,” Sarajana Tek. Inform., vol. 2, pp. 1248–1256, 2014.

M. I. Abas, I. Ibrahim, and M. Panigoro, “Sistem informasi kuliah kerja dakwah universitas muhammadiyah gorontalo,” vol. 8, no. 2, pp. 593–602, 2017.

G. Fandatiar, “Rancang Bangun Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pada Universitas Muria Kudus,” vol. 6, no. 1, pp. 129–136, 2015.

A. B. Marlintha, W. Java, B. Irawan, W. Java, R. Latuconsina, and W. Java, “Design and implementation of smart village mapping geographic information system based web in the cinunuk village,” pp. 66–71, 2017.

S. Adi and J. Suhartono, “Smart Village Geographic Information System ( GIS ) Development In Indonesia And Its Analogous Approaches,” no. November, pp. 65–70, 2017.

B. J Oates, Researching Information Systems and Computing. SAGE, 2005.

R. S. Pressman, Software Engineering, Seventh Ed. New York: McGraw-Hill, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.