EKSTRAKSI PEKTIN DARI KULIT PISANG DENGAN PROSES SOKLETASI

Hernowo Widodo, Elvi Kustiyah, Niki Wijaya Sari, Andhy Andhy, Mohamad Prastia

Abstract


Pektin merupakan polimer dari asam D-galakturonat yang dihubungkan oleh ikatan β-14 glikosidik. Penelitian ini dilakukan dengan metode Sokletasi menggunakan pelarut asam kemudian ditambahkan Ethanol dan Aseton untuk mengendapkan Pektin yang merupakan variabel bebas, setelah itu dilakukan pengeringan. Variabel tetap yang digunakan adalah berat kulit buah pisang per selongsong 30 gram, kadar air awal bahan 10% dan pelarut Asam Klorida (HCL). Karakterisasi dengan menggunakan Fourier Transform Infrared (FTIR).

 


Full Text:

PDF 28-31

References


Budiyanto, Agus, Balai Besar, and Pengembangan Pascapanen. “pengaruh suhu dan waktu ekstraksi terhadap karakter pektin dari ampas jeruk siam ( Citrus Nobilis L ).” 5(2):37–44. 2008.

Haryati, M. N. “ekstraksi dan karakterisasi pektin dari limbah proses pengolahan jeruk pontianak ( Citrus Nobilis Var Microcarpa ).” Skripsi. 2006.

restu, diah Widiastuti. “ekstraksi pektin kulit jeruk bali dengan microwave assisted extraction dan aplikasinya sebagai edible film Disajikan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Ahli Madia Program Studi Teknik Kimia.” 14. 2015.

Tuhuloula, Abubakar, Lestari Budiyarti, and Etha Nur Fitriana. “Karakterisasi Pektin Dengan Memanfaatkan Limbah Kulit Pisang Menggunakan Metode Ekstraksi.” Jurnal Konversi 2(1):21–27. 2013.

Widodo, H. “Metoksi Dan Kadar Asam Galakturonat Dari Hasil Ekstraksi Pektin Pada Kulit Buah Pepaya ( Carica Papaya L .).” Konferensi Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi 2(1):1–8. 2016.

Wusnah, Zulnazri, and Sulastri. “Jurnal Teknologi Kimia Unimal Pengaruh PH Dan Waktu Ekstraksi Terhadap Karakteristik Pektin Dari Kulit Coklat.” Jurnal Teknologi Kimia Unimal 4(2):27–35. 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.