PENGARUH KOMBINASI VARIETAS DALAM TUMPANGSARI SORGUM-KEDELAI PADA PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS BENIH SORGUM DAN KEDELAI, DAN VIGOR DAYA SIMPAN BENIH SORGUM

Parulian Lumban Siantar, Eko Pramono, M Syamsoel Hadi, Agustiansyah Agustiansyah

Abstract


Pengembangan sorgum secara monokultur menghadapi kendala karena keterbatasan lahan yang menyebabkan terjadinya kompetisi penggunaan lahan dengan tanaman pangan lainnya. Tumpangsari sebagai cara mengatasi kelangkaan lahan menimbulkan kompetisi antarjenis/varietas tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi varietas dalam tumpangsari sorgum-kedelai terhadap pertumbuhan, produktivitas, nisbah kesetaraan lahan dalam sistem per tanaman, dan vigor daya simpan benih sorgum. Penelitian ini dilaksanakan di lahan pertanian Desa Sidodadi, Kecamatan Way Lima, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung (103º 40' - 105º 50' BT; 3º 45' - 6º 45' LS)  dan di Laboratorium Benih dan Pemuliaan Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung, pada Maret sampai Desember 2018. Percobaan faktor tunggal dengan 6 taraf perlakuan ini diterapkan dalam rancangan kelompok teracak sempurna yaitu 3 kelompok sebagai ulangan. Keenam perlakuan tersebut adalah kombinasi berbagai varietas tumpangsari Numbu-Grobogan (S1K1), Numbu-Argomulyo (S1K2), UPCA-Grobogan (S2K1), UPCA-Argomulyo (S2K2), monokultur Numbu (S1), monokultur UPCA (S2), monokultur Grobogan (K1) dan monokultur Argomulyo (K2). Ukuran masing-masing percobaan plot adalah 5m x 5m. Analisis data yang dilakukan adalah analisis ragam dan uji BNJ Tukey dengan masing-masing tingkat signifikansi 5%. Kombinasi varietas dalam tumpangsari sorgum-kedelai berpengaruh nyata (P <0,05) terhadap pertumbuhan sorgum yaitu tinggi tanaman dan vigor daya simpan benih sorgum dari kecambah normal total dan persentase kecambah normal kuat. Ini juga mempengaruhi produktivitas benih kedelai dari bobot benih per tanaman dan jumlah benih per tanaman. Nisbah kesetaraan lahan (NKL) dari kombinasi antar varietas ini masing-masing lebih tinggi daripada satu.

Full Text:

PDF 32-39

References


Azrai, M., S. Human., dan S. Sunarti. 2013. Pembentukan Varietas Unggul Sorgum untuk Pangan. Dalam Sumarno, D.S Damarjadti, M. Syam dan Hermanto. Sorgum: Inovasi Teknologi dan Pengembangan. IAARD Press. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Jakarta.

Susilowati, S.H., dan H.P. Saliem. 2013. Perdagangan Sorgum di Pasar Dunia dan Asia serta Prospek Pengembangannya di Indonesia. Dalam Sumarno, D.S Damarjadti, M. Syam dan Hermanto. Sorgum: Inovasi Teknologi dan Pengembangan. IAARD Press. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Jakarta.

Francis, C.A. 1989. Biological efficiencies in multiple cropping systems. Advance in Agronomy 42: 1-42.

Telleng, M., K.G. Wiryawan., P.D.M.H. Kartib., I.G. Permana., and L. Abdullah. 2016. Forage Production and Nutrient Composition of Different Sorghum Varieties Cultivated with Indigofera in Intercropping System. Media Peternakan 39(3): 203-209.

Indriati, T.R. 2009. Pengaruh Dosis Pupuk Organik dan Populasi Tanaman Terhadap Pertumbuhan Serta Hasil Tumpangsari Kedelai (Glycine max L.)

dan Jagung (Zea mays L.). Tesis. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Ceunfin, S., D. Prajitno., P.Suryanto., dan E.T.S. Putra. 2017. Penilaian Kompetisi dan Keuntungan Hasil Tumpangsari Jagung Kedelai di Bawah Tegakan Kayu Putih. Jurnal Pertanian Konservasi Lahan Kering. Savana Cendana 2(1): 1-3.

Iqbal, M.A., B.J. Bethune., A. Iqbal., R.N. Abbas., Z. Aslam., H.Z. Khan., and B. Ahmad. 2017. Agro-Botanical Response of Forage Sorghum-Soybean Intercropping Systems Under Atypical Spatio-Temporal Pattern. Pak. J. Bot. 49(3): 987-994.

Yuwariah, Y., D. Ruswandi., dan A.W. Irwan. 2017. Pengaruh Pola Tanam Tumpangsari Jagung dan Kedelai Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Jagung Hibrida dan Evaluasi Tumpangsari di Arjasari Kabupaten Bandung. Jurnal Kultivasi 16(3): 514-521.

Gabir, N.M.A.E. 2005. The Effect of Intercropping on Growth and Yield of Sorghum (Sorghum bicolor (L. Moench.)). Thesis. University of Khartoum. Khartoum.

Amedie, B., S.M. Hiremath., B.M. Chittapur., S.I. Halikatti and V. P. Chimmad. 2004. Intercropping of Grain Legumes in Sorghum. Karnataka Journal of Agricultural Sciences 17(1): 22-27.

Arma, M.J., U. Fermin., dan L. Sabaruddi. 2013. Pertumbuhan dan Produksi Jagung (Zea mays L. ) dan Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) melalui Pemberian Nutrisi Organik dan Waktu Tanam dalam Sistem Tumpangsari.

Jurnal Agroteknos 3(1).

Permanasari, I dan D. Kastono. 2012. Pertumbuhan Tumpangsari Jagung dan Kedelai pada Perbedaan Waktu Tanam dan Pemangkasan Jagung. Jurnal Agroteknologi 3(1): 13-20.

Balai Penelitian Tanaman Serealia. 2009. Deskripsi Varietas Jagung, Sorgum dan Gandum. Badan Litbang Pertanian.

Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi. 2015. Deskripsi Kedelai. http: www. balitkabi. litbang. pertanian.go.id.

Sukmasari, M.D., A.A. Wijaya., U. Dani., dan B. Waluyo. 2017. Respon Sembilan Varietas Kedelai (Glycine max. L (Merril)) Yang Ditanam Pada Kondisi Jenuh Air. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian UNIBA. Surakarta.

Tarigan, D.H., T. Irmansyah., dan E. Purba. 2013. Pengaruh Waktu Penyiangan terhadap Pertumbuhan dan Produksi Beberapa Varietas Sorgum (Sorgum Bicolor (L.) Moench). Jurnal Online Agroekoteknologi 2(1): 86-94.

Handriawan, A., D.W. Respatie., dan Tohari. 2016. Pengaruh Intensitas Naungan terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tiga Kultivar Kedelai (Glycine max (L.) Merrill) di Lahan Pasir Pantai Bugel, Kulon Progo. Vegetalika 5(3): 1-14.

Merkeb, F., Z. Melkei., T. Bogale.,and A. Takele. 2016. Influence of intercropping sorghum with legumes to control striga (Striga hermonthica) in Pawe, North Western Ethiopia. World Scientific News 53(3): 204-215.

Rifai, A., S. Basuki., dan B. Utomo. 2014. Nilai Kesetaraan Lahan Budidaya Tumpangsari Tanaman Tebu dengan Kedelai: Studi Kasus di Desa Karangharjo, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang. Widyariset 17(1): 59-70.

Willey, R.W. 1979. Intercropping its Importance and Research Needs. Part I. Competition and Yield Advantage. Field Crops Abstr 32: 1-10.




DOI: https://doi.org/10.37058/jssainstek.v5i1.737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.