ANALISIS POTENSI WIRAUSAHA GENERASI DIGITAL NATIVE: PERAN PROJECT P5 TEMA KEWIRAUSAHAAN DAN KEMAMPUAN ICT SISWA TERHADAP TECHNOPRENEURSHIP INTENTION

Rizal Malik Pratama, Rizky Surya Pratama, Nuraeni Susilawati, Rahmat Maulana, Ziyan Muhammad Nur Zakiyyan

Abstract


Kewirausahaan menjadi salah satu parameter ekonomi suatu negara. Wirausaha yang berhasil menciptakan inovasi dari modernisasi kemampuan menggunakan teknologi dengan skill wirausaha merupakan seorang technopreneurship. Technopreneurship Intention sangat perlu dikaji secara ilmiah sehingga dapat dijadikan analisis untuk membangun peningkatan inovasi, kreativitas, dan efisiensi ekonomi pada era persaingan pasar yang semakin kompetitif. Rendahnya tingkat technopreneurship intention di kalangan siswa sebagai generasi digital native menjadi fokus utama pada penelitian ini. Siswa sebagai generasi digital native berpotensi meningkatkan persaingan wirausaha digital. Kemampuan ICT (Information Communication & Technology) siswa dibutuhkan untuk membangun Technopreneurship Intention. ICT (Information Communication Technology) merupakan keterampilan individu dalam menggunakan teknologi untuk mengakses berbagai informasi untuk kebutuhan hidupnya. Penerapan projek P5 tema kewirausahaan memiliki potensi memengaruhi Technopreneur Intention siswa. Projek P5 tema kewirausahaan merupakan implementasi kurikulum merdeka. Projek P5 tema kewirausahaan dapat meningkatkan jiwa berwirausaha siswa dan menjadi salah satu pengalaman berharga bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh project P5 tema kewirausahaan dan kemampuan ICT siswa terhadap technopreneurship intention. Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode survei eksplanatori. Teknik sampling penelitian ini menggunakan simple random sampling sebanyak 200 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan analisis secara regresi berbantuan SPSS versi 25. Technopreneurship Intention perlu dimiliki oleh siswa untuk meningkatkan keterampilan persaingan ekonomi global di masa depan. Bagaimanapun, siswa memiliki keterampilan teknologi digital yang akseleratif (generasi digital native).


Full Text:

PDF

References


Ambarita, I., Kadim, L. A. N., & Simanjuntak, M. (2022). DIKLAT MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA SMK NUR AZIZI TANJUNG MORAWA: STMIK Kaputama. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(1), 62-69.

Azzam, A., Marliani, A., Trisnawati, C. L., Mugni, H. A., Diansyah, H. N., & Wardiyah, M. L. (2024). ANALISIS PERAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(6), 656-666.

Badrumzzaman, FM. (2021). PENGARUH PERENCANAAN KARIR TERHADAP KINERJA LAYANAN BISNIS KANTOR MELALUI MOTIVASI KERJA DI DIVISI HUMAN CAPITAL SERVICE PT TELKOM INDONESIA GRAHA MERAH PUTIH. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia

Blanka, C., Rückel, D., Koch, S., & Kailer, N. (2019). Technology intrapreneurs–intrapreneurial orientation and potential of IT students. In Rigour and Relevance in Entrepreneurship Research, Resources and Outcomes. Edward Elgar Publishing.

Cipta, B., Artino, A., & Hartono, D. (n.d.) (2022). PKM PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI KEWIRAUSAHAAN PADA MILENIAL DI RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(3)92-97

Dominikus Rojoki Manullang, - (2022) PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP TECHNOPRENEURSHIP INTENTION DIMODERASI OLEH SELF EFFICACY DAN LITERASI DIGITAL (Survei Pada Siswa SMK Negeri di Jakarta Timur). S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Ernawatiningsih, N. P. L. (2019). Analisis Determinan Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 4(1), 34. https://doi.org/10.38043/jimb.v4i1.2157

Fajri, A. (2021). Peran kewirausahaan dalam pembangunan ekonomi. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(2), 104-112.

Fathonah, WN., Machmud, A., & Suwatno, C. (2020). Pengaruh ICT Self Efficacy terhadap Technopreneurship Intention dimediasi Motivasi Siswa (The Influence of ICT Self Efficacy on Technopreneurship Intention Mediated by Student Motivation). Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. 17(1):72.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis (8th ed.). Cengage Learning

Hendarsyah, D. (2019). E-COMMERCE DI ERA INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita. 8(2).

Khamimah, W. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 2017. https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.9676

Koe, W.L., Alias, N.E., Ismail, S., & Mahphoth, M.H. (2018). A suggested model for studying technopreneurial intention in Malaysia. KnE Social Sciences, 788-796.

Laia, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 5(2), 213–221.

Machmud, A., & Ahman, E. (2019). Effect of entrepreneur psychological capital and human resources on the performance of the catering industry in Indonesia. Journal of Entrepreneurship Education, 22(1), 1-7.

Machmud, A., Suwatno, Nurhayati, D., Aprilianti, I., Fathonah, W.N. (2019). Effect of self efficacy ICT on Technopreneurship intention of technopreneurial learning mediation: The case young generation in Indonesia. Journal of Entrepreneurship Education, 23(1).

Malau, P & Nawawi, M. (2023). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Kewirausahaan. Journal of Management and Business. 2(2).

Malik Pratama, R., & Susilawati, N. (2023). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Di Lembaga Pendidikan Bagi Generasi Digital Native. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 1399–1415. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3896

Mulyati, S. (2022). Analisis Peran dan Peluang Technopreneurship di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Kewirausahaan. Journal on Education. 04(04).

Nur Fathonah, W., & Machmud, A. (2020). Pengaruh ICT Self Efficacy terhadap Technopreneurship Intention dimediasi Motivasi Siswa The Influence of ICT Self Efficacy on Technopreneurship Intention Mediated by Student Motivation. Jurnal Ilmu-Ilmu sosial 17(1)710-80

Osman, I., Noordin, F., Mohd, I.H., & Koe, W.L. (2018). The role of entrepreneurial orientations in talent retention amongst Malaysian engineers. International Journal of Management Studies (IJMS), 24(2), 1-24

Pirdaus, R. Y., & Kusnendi, K. (2022). ICT self-efficacy dan creativity sebagai determinasi technopreneurship intention. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 1-10.

Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS Berbasis PMRI Menggunakan Konteks Etnomatematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION) , 2 (2), 73–79. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.870

Rojoki Manullang, D., & Waspada, I. (2022). Peran self efisiensi dalam memoderasi pengaruh literasi digital terhadap niat berwirausaha. urinal iset pendidikan ekonomi , 7 (2), 118–129. https://doi.org/10.21067/jrpe.v7i2.6797

Teddy, D. I., & Nuringsih, K. (n.d.) (2022). PENGARUH ENTREPRENEURIAL ATTITUDE ORIENTATION DAN LATAR BELAKANG PRIBADI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan 04(02)319-327

Wardani, AI., Machmud, A., & Suwatno. (2020). STUDI TENTANG PENGARUH TECHOPRENEURIAL LEARNING TERHADAP TECHNOPRENEURSHIP INTENTION SISWA SMKN SE-KOTA PALEMBANG. Jurnal Ilmial Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 8(2). DOI: 10.33603/ejpe.v8i2.3503.




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v5i1.13556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya© 2019