PROFIL DAN EFEKTIVITAS KOMITE SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PERAN DAN FUNGSI PADA SMP NEGERI 3 BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH

Zulfadli Zulfadli, Alfi Syahril Syahril FJ

Abstract


Penelitian ini berjudul "Profil dan Efektivitas Komite Sekolah dalam Melaksanakan Peran dan Fungsi SMP Negeri 3 Bandar di Kabupaten Bener Meriah. Secara khusus, penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui profil komite sekolah SMP Bandar 3 di kabupaten Bener Meriah dan; (2) menyelidiki efektivitas komite sekolah dalam melaksanakan peran dan fungsinya di SMP Bandar 3 di kabupaten Bener Meriah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Bandar 3 di Desa Hakim Wih Ilang, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah. Responden dalam penelitian merupakan 2 orang komite administrasi SMP Bandar 3, dan kepala sekolah yang telah menjadi informan untuk penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan alat perekam suara untuk memastikan data dapat dipercaya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data/ penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil komite SMP Negeri 3 Bandar Bener Meriah tidak lengkap karena tidak sesuai dengan Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 tentang komite sekolah yang bersangkutan sehingga komite sekolah SMA 3 Bandar 3 di Bener Meriah Kabupaten belum efektif dalam melaksanakan peran dan fungsinya. Penulis berharap bahwa di masa depan komite sekolah SMP 3 Bandar 3 dapat melaksanakan peran dan fungsinya secara efektif sesuai dengan Permendikbud Nomor 75 tahun 2016. Lebih lanjut, penulis juga berharap agar Dewan Pendidikan Daerah Kabupaten Bener Meriah meningkatkan sosialisasi dan komunikasi lebih lanjut kepada semua komite sekolah di Bener Meriah.


Full Text:

PDF

References


Mayarani, Selvi dan Desi Nurhikmahyanti.2014. Peran Komite Sekolah dalam Pengadaan Sarana dan Prasarana di SD Negeri Pucang IV Sidoarjo. Jurnal inspirasi Manajemen Pendidikan, (4): 163-176.

Mursidi, Ali. 2013. Pengelolaan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Islam Al Azhar 29 Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan, (1): 20-32.

Salinan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republic Indonesia Nomor 44 tahun 2002 tentan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.

Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

Saputra Seregar, Andika. 2014. Efektifitas Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 17 Pekan Baru, Jom.FISIP. (2) 1-15




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v1i1.1631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya © 2019
Â