IMPLEMENTASI PERDA KOTA TASIKMALAYA TENTANG EKONOMI SYARIAH DALAM MEWUJUDKAN KOPERASI SEKOLAH BERBASIS SYARIAH

Suhendra Suhendra, Asep Suryanto

Abstract


Fenomena koperasi sekolah nyatanya masih beroperasi dengan menggunakan sistem konvensional transaksi konsep bunga. Peraturan Daerah (Perda) No. 07/2014 Tentang Tata Nilai Kehidupan Masyarakat yang Religius di Kota Tasikmalaya pasal pasal 11 ayat 3 secara tegas dan jelas menyebutkan bahwa “Dalam melaksanakan kegiatan perekonomian, setiap muslim diutamakan menggunakan sistem ekonomi syari’ah, dilarang melakukan praktek riba dan/atau ijon; dan aktivitas usaha jasa pembiayaan keuangan, diutamakan menerapkan sistem ekonomi syari’ah atau membentuk unit usaha syari’ah yang terpisah dari usaha konvensional. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui solusi dalam implementasi perda Kota Tasikmalaya nomor 7 tahun 2014 dalam mewujudkan koperasi sekolah berbasis syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian merupakan pendekatan kualitatif dengan metode Analytic Network Process (ANP). Dengan metode tersebut diharapkan dapat melakukan peramalan mengenai cara mengimpelementasikan Perda Kota Tasikmalaya nomor 7 tahun 2014 dalam mewujudkan koperasi sekolah berbasis syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa solusi yang harus ditempuh untuk mewujudkan koperasi sekolah berbasis syariah adalah sebagai berikut : 1) kebijakan pimpinan sekolah yang sifatnya mendukung berupa anjuran kepada siswa untuk membentuk, serta memanfaatkan koperasi syariah. 2) pembinaan tentang koperasi syariah dari dinas koperasi kepada siswa dan pembimbing koperasi sekolah, artinya bahwa pihak pemerintah melalui dinas koperasi bekerjasama dengan dinas pendidikan mengadakan edukasi atau pembinaan kepada para siswa serta pembina koperasi sekolah tentang koperasi syariah.

Full Text:

PDF

References


Ashshiddiqi, Hasbi, dkk, 1971. Al Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta : Departemen Agama RI.

Ascarya, 2011, Analytic Network Process (ANP): Pendekatan Baru Studi Kualitatif, Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan, Bank Indonesia.

Frianto, Pandia dkk, 2005, “Lembaga Keuanganâ€, Jakarta: PT. Rineka Cipta, Cet Ke I.

Iin Nurbudiyani, Pengembangan Model Kewirausahaan SMK Melalui Koperasi Sekolah, Anterior Jurnal, Volume 12 Nomor 2, Juni 2013, Hal 46 – 53

Hartatik, Pengaruh Koperasi Sekolah Terhadap Pembelajaran Organisasi dan Pendidikan Karakter Siswa di SD NU Kepajen Kabupaten Malang, Jurnal Inspirasi Pendidikan, Universitas Kanjuruhan Malang, hlm. 456-466

Hindayani, Anik, Strategi Peningkatan Partisipasi Siswa dalam Berkoperasi di SMK Negeri 1 Pati, Economic Education Analysis Journal, Universitas Negeri Semarang, EEAJ 1 (1) (2012), ISSN 2252-6544, hlm. 1-7.

Lilis Lindawati, Margareta dan Suyanto, Peran Koperasi Sekolah dalam Meningkatkan Sikap Kewirausahaan siswa SMK Negeri 1 Wonogiri, Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS Volume 2, No 2, September 2015 (170-180)

J.G., Nirbito, 2006. â€Permasalahan dan Strategi Pemecahan Masalah Pembela-jaran Koperasi di Sekolahâ€. Makalah disajikan pada Diklat Guru Mata Pelajaran Ekonomi SMA yang diselenggarakan oleh PPPG IPS dan PMP.

Peraturan daerah Kota Tasikmalaya Nomor 7 Tahun 2014 tentang Tata Nilai Kehidupan Masyarakat yang Religius di Kota Tasikmalaya

Prilia Sari, Dea, Efektivitas Peran Koperasi Sekolah Sebagai Unit Pembelajaran Kewirausahaan di SMP Negeri 1 Karangayar Kabupaten Pekalongan, Economic Education Analysis Journal, Universitas Negeri Semarang, EEAJ 1 (1) (2012), ISSN 2252-6544, hlm. 14-17

Rosyada, Dede, 1996. Hukum Islam dan Pranata Sosial, Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Yahya, Mukhtar dan Fatchurrahman, 1993. Dasar-Dasar Pembinaan Hukum Islam, Bandung : al Ma’arif.




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v1i1.1632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya© 2019