ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS PERUSAHAAN FRANCHISE ALFAMART CIAMIS

Riki Muhammad Rifky

Abstract


Bisnis adalah suatu kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh individu maupun kelompok untuk menghasilkan barang atau jasa yang bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendapatkan keuntungan. Bisnis juga memiliki banyak macam bentuk, salah satu nya franchise atau Waralaba. Makalah ini bertujuan menganalisis lingkungan bisnis yang dihadapi oleh perusahaan franchise Alfamart. Melalui pendekatan ini, diharapkan dapat diperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai bagaimana faktor-faktor eksternal seperti kebijakan pemerintah terkait perdagangan ritel, pola konsumsi masyarakat yang terus berubah, dan inovasi teknologi dapat memengaruhi performa dan strategi perusahaan. Adapun metode yang digunakan yaitu metode kualitatif Pendekatan kualitatif menurut Corbin dan Strauss (2015-5) merupakan bentuk penelitian dimana peneliti dalam mengumpulkan dan menganalisis data menjadi bagian dari proses penelitian sebagai partisipan bersama informan yang memberikan data. Simpulannya, Alfamart adalah perusahaan ritel minimarket yang berfokus pada kebutuhan sehari-hari konsumen di sekitar lokasi toko. Dengan mengadopsi model bisnis ritel minimarket, Alfamart menentukan produk yang ditawarkan berdasarkan tren pasar dan kebutuhan masyarakat, sehingga dapat menyediakan barang – barang yang relevan untuk kehidupan sehari – hari.


Full Text:

PDF

References


Anang Sukandar, Drs, 2004 Franchising di Indonesia, Asosiasi Franchise Indonesia.

Ariani, W. (2021). Pengertian Dasar Bisnis Kewirausahaan Dan Lingkungan Bisnis.

Astuti, D. (2005). Kajian bisnis franchise makanan di Indonesia. Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 7(1), 83-98.

Candra, F. (2018). Pengaruh kualitas layanan dan suasana toko terhadap keputusan pembelian pada Toko Alfamart Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2).

Hasoloan, A. (2018). Peranan etika bisnis dalam perusahaan bisnis. Warta Dharmawangsa, (57). 1829 – 7463.

Puspitasari, A. D., & Mulyani, A. S. (2022). Perkembangan Bisnis Franchise. JISOS: Jurnal Ilmu Sosial, 1(10), 985-992.

Ronald J. Ebert, Ricky W.Griffin, 1995 Business Essentials, Prentice Hall, Inc Englewood Cliffs, New Jersey.

Sutrimono. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Jasa Sewa Mobil di Rental Restu Kabupaten Biak Numfor. Jurnal “Gema Kampus”, 2(13). 54 – 60.

Wahyu Ariani, D. (2017). Pengantar Bisnis. Penerbit Universitas Terbuka: Tangerang Selatan.

Wikipedia. Alfamart - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://ide.wikipedia.org/wiki/Alfamart. Diakses pada Selasa, pukul 10.12 WIB.

Salma Dliya. (2024). Contoh Business Model Canvas Minimarket Alfamart - Program IPOS. https://www.programipos.co.id/blog. Diakses pada Selasa, pukul 10.12 WIB.

Dewi. (2015). Analisa Manajemen Strategis Alfamart. https://www.scribd.com/doc/282664464/Analisa-manajemen-strategis. Diakses pada Selasa, pukul 10.20 WIB.

KUSWADI, F. G. (2013). Program Loyalitas Dengan A Card Flazz Pada Minimarket Alfamart. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v5i2.17494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya© 2019