PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RQA BERBANTUAN MEDIA MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Fanny Zaqyatussyifa

Abstract


Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masih rendahnya pencapaian hasil belajar kognitif peserta didik, khususnya dalam aspek kognitif pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) yang didukung oleh media mind map terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X IPS di MAN 6 Ciamis. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian terdiri dari kelas X IPS 1, X IPS 2, X IPS 3, dan X IPS 4, sedangkan sampel diambil sebanyak dua kelas. Kelas X IPS 1 dijadikan sebagai kelas eksperimen, dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol, yang dipilih melalui teknik non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan hasil belajar kognitif antara kelas yang menggunakan model Reading, Questioning, and Answering (RQA)berbantuan mind map dengan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional, khususnya pada materi lembaga keuangan. Rata-rata nilai posttest siswa di kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RQA berbantuan mind map memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif Siswa.


Full Text:

PDF

References


Aisya, Naafi, Aloysius Duran Corebima, dan Susriyati Mahanal. 2017. “Hubungan Antara Pretest dengan Posttest Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi Kelas X Melalui Model Pembelajaran RQA Dipadu CPS di Kota Malang” 172–77.

Arwis, Resi Ramadanis, Meldawati Meldawati, dan Zulfa Zulfa. 2021. “Pengaruh Penggunaan Metode Reading Questioning and Answering (RQA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IIS di SMA N 3 Padang.” HEURISTIK: Jurnal Pendidikan Sejarah 1(2):63–70. doi:10.31258/hjps.1.2.63-70.

Chikita, Daien, Dewi Purnama Sari, dan Rini Puspitasari. 2023. “Penerapan Perencanaan Model Pembelajaran Teacher Center di MTs Negeri 2 Rejang Lebong.” Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 2(3).

Fatimah, Laela Umi, dan Khairuddin Alfath. 2019. “Analisis Kesukaran Soa, Daya Pembeda, dan Fungsi Distraktor.” Al-Manar 8(2):37–64. doi:10.36668/jal.v8i2.115.

Kusuma, Anindita Shm, dan Zulhan Widya Baskara. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran RQA (Reading Questioning and Answering) Terintegrasi Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa S1 PGSD Universitas Mataram.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(4b). doi:10.29303/jipp.v7i4b.884.

Maulana, Andi. 2022. “Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa.” Jurnal Kualita Pendidikan 3(3):133–39. doi:10.51651/jkp.v3i3.331.

Maulida, Ana, dan Ria Mayasari. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Reading,QuestioningAnd Answering (RQA)Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Sistem Koordinasi Pada Manusia Kelas XISMAPGRIdi Kota Banjarmasin.” Jurnal Pendidikan Hayati 5(3):99–106.

Rahmaini, Anida, dan Aditya Nur Taufiq. 2018. “Analisis Butir Soal Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Sedayu Tahun Ajaran 2017/2018.” 8(1).

Slamet, Rokhmad, dan Sri Wahyuningsih. 2022. “Validitas dan Reliabilitas terhadap Instrumen Kepuasan Kerja.” Aliansi: Jurnal Manajemen dan Bisnis 17(2).

Suryani, Ade Irma, K. Syahribulan, dan Magfirah Mursalam. 2019. “Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Murid Kelas V SDN no. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar.” (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar 4(2).

Suryanti, Emi, Jamaluddin Jamaluddin, dan I. Wayan Merta. 2022. “Pengaruh Pembelajaran Daring dengan Model Reading Quistioning and Aswering (RQA) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Peserta Didik Kelas X di SMAN 1 Madapangga Kabupaten Bima.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(4). doi:10.29303/jipp.v7i4.666.

Suwartini, Sri. 2017. “Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 4(1):220–34.




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v5i2.17550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya© 2019