ANALISIS SWOT PADA UMKM RUMAH MAKAN SAMBEL HEJO KOTA TASIKMALAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan bisnis UMKM Sambal Hejo menggunakan metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Analisis ini dilakukan berdasarkan observasi langsung terhadap sistem rekruitment, operasional, strategi pemasaran, serta evaluasi eksternal yang diterapkan oleh Sambal Hejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sambal Hejo memiliki kekuatan dalam sistem operasional yang terstruktur, strategi pemasaran berbasis muamalah syariah, serta evaluasi rutin untuk menjaga kualitas layanan. Namun, tantangan terbesar berasal dari internal perusahaan, seperti keberagaman latar belakang karyawan yang mempengaruhi kekompakan tim. Peluang yang dapat dimanfaatkan adalah peningkatan pemasaran digital serta ekspansi ke pasar yang lebih luas, sementara ancaman utamanya adalah persaingan usaha sejenis dan perubahan tren kuliner. Dengan memahami faktor-faktor ini, Sambal Hejo dapat merumuskan strategi yang lebih efektif dalam menghadapi tantangan bisnisnya
Full Text:
PDFReferences
Gunawan, H. M. (2014) Pemberdayaan Umkm dan Upaya Pengentasan Kemiskinan di Daerah: Sebuah Telaah Konsep. http://dspace.uphsurabaya.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/781
Permatasari, A. (2017). Analisa Konsep Perencanaan Strategis. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA) , 2, 1–2.
Dewi, A. S., Sari, D., & Abaharis, H. (2018). Pengaruh Karakteristik Dewan Komisaris Terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Benefita, 3(3), 445. https://doi.org/10.22216/jbe.v3i3.3530
Larasati Ahluwalia, K. P. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pemberdayaan Pada Kinerja Dan Keseimbangan Pekerjaan-Rumah Di Masa Pandemi Ncovid-19. Manajemen Sumber Daya Manusia, VII(2), 119–128.
DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v6i1.17560
Refbacks
- There are currently no refbacks.



