PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF MELALUI SELF REGULATED LEARNING

Cindy Dwiyanti

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk menjelaskan pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan metakognitif melalui Self Regulated Learning. Metode yang digunakan adalah survei eksplanatori. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri Se-Kota Tasikmalaya yang berjumlah 1.560. Penarikan sampel sekolah sebesar 50% sehingga diperoleh sampel sebanyak 318 siswa dari 5 sekolah dengan menggunakan teknik cluster sampling. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menggunakan Path Analysis menunjukkan bahwa efikasi diri berpengaruh terhadap Self Regulated Learning sebesar 45,3%, efikasi diri berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif sebesar 20,4%, Self Regulated Learning berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif sebesar 24,59% dan efikasi diri berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif melalui Self Regulated Learning sebesar 11,28%.


Full Text:

PDF

References


Adicondro, N. & Purnamasari, A. (2011). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Self Regulated Learning Pada Siswa Kelas VIII. Humanitas. Vol. 8 No. 1 Hal. 17-27.

Arianti, J. (2018). Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Terhadap Self Regulated Learning dan Kemampuan Metakognitif Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi.

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Hergenhahn. & Olson, M., H. (2008). Theories Of Learning (Teori Belajar). Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Jagad, H., K., M., & Khoirunnisa, R., N. (2018). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Self Regulated Learning pada Siswa SMPN X. Jurnal Penelitian Psikologi. Vol 05 No. 03 Hal. 1-6.

Nur Pitriani, I., Hindriana, A. F., Satianugraha, H. (2016). Hubungan Self Regulated Learning dengan Metakognitif Siswa Kelas X pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Ciawigebang. Jurnal Quangga. Vol. 8 No. 1 Hal. 12-17.

Riduwan. (2012). Metode &Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Saraswati, P. (2017). Strategi Self Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik terhadap Prestasi Akademik. Intuisi. Vol. 9 No. 3 Hal. 210-221.

Sihaloho, L., Rahayu, A., & Wibowo, L.A. (2018). Pengaruh Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Efikasi Diri Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol. 6 No. 2 Hal. 121-136.

Sugiyana. (2015). Pengaruh Self-Regulated Learning, Self-Efficacy dan Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Psikopedagogia. Vol. 4 No.1 Hal. 63-72.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v2i1.2637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya © 2019
Â