PENGARUH PENGGUNAAN ILMU TEKNOLOGI, FASILITAS BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, PERHATIAN GURU DAN PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PADANG

Diana Novita

Abstract


Abstarct
This study aims to determine the effect of the use of science technology and learning facilities. Independent learning, teacher attention and parental assistance, to the learning achievement of class VIII Students at SMPN 10 Padang. (1) there is a significant effect between the use of technology partially on learning achievement with a coefficient value of 0,427. (2) there is a significant influence between learning facilities partially on learning achievement with a coefficient value of 0,378. (3) there is a significant influence between learning achievement with a coefficient value of 0,520. (4) there is a significant influence between the partial teachers attention on learning achievement with a coefficient value of 0,265. (5) there is a significant influence between parental assistants partially on learning achievement with a coefficient value of 0,279. (6) simultaneously, the use of technology science, learning facilities,independent learning, teacher attention and parental assistance. Where the F count obtained is 66,162 > F table 2,33.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pegaruh penggunaan ilmu teknologi, fasilitas belajar, kemandirian belajar, perhatian guru dan pendampingan orangtua, terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 10 Padang. (1) terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan ilmu teknologi secara parsial terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien 0,427. (2) terdapat pengaruh signifikan antara fasilitas belajar secara parsial terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien 0,378. (3) terdapat pengaruh signifikan antara kemandirian belajar secara parsial terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien 0,520. (4) terdapat pengaruh signifikan antara perhatian guru secara parsial prestasi belajar dengan nilai koefisien 0,265. (5) terdapat pengaruh signifikan antara pendampingi orangtua secara parsial terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien 0, 0,279. (6) secara simultan, penggunaan ilmu teknologi, fasilitas belajar, kemandirian belajar, perhatian guru dan pendampingan orangtua. Dimana diperoleh nilai Fhitung 66,162 > Ftabel 2,33.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v2i2.2860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya© 2019