Pengaruh Prestasi Belajar, Self Efficacy,Praktek Kerja Lapangan dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Kelas XII Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 3 Padang
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah pendidikan formal yang memiliki pola pelatihan khusus untuk mengarahkan peserta didik agar menjadi lulusan yang siap terjun secara profesional dan ikut bergerak di dunia usaha atau perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar, self efficacy, praktek kerja lapangan dan informasi dunia kerja terhadap kesiapan memasuki dunia kerja. Teknik sampel yang digunakan adalah Propotional Stratified Random Sampling sebanyak 96 responden yaitu seluruh siswa kelas XII keahlian akuntansi dan keuangan lembaga di SMKN 3 Padang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan prestasi belajar, self efficacy (efikasi diri), praktek kerja lapangan, dan informasi dunia kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan dan positif terhadap kesiapan memasuki dunia kerja siswa kelas XII keahlian akuntansi dan keuangan lembaga di SMKN 3 Padang.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, self efficacy, praktek kerja lapangan, dan informasi dunia kerja
Full Text:
PDFReferences
Daftar pustaka
DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v2i2.2863
Refbacks
- There are currently no refbacks.