PENGELOLAAN KEUANGAN PADA USAHA KECIL MIKRO MENENGAH DI KECAMATAN MANONJAYA (Studi Kasus pada UMKM Viloralove)

Wina Agustin, Silpianis Matul Maula, Betanika Nila Nirbita

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Viloralove Kecamatan Manonjaya menjadi studi kasus dalam topik penelitian ini tentang pengelolaan keuangan pada Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM). Viloralove bergerak pada bidang fashion dengan media promosisnya dibantu dengan sosial media. Seiring dengan usahanya yang kian berkembang, permasalahan juga terjadi pada internal usahanya, khususnya pada pengelolaan keuangan yang kurang baik. Rancangan penelitian padaUMKM ini menggunakan pengumpulan data observasi dan wawancara semi-terstruktur termasuk dalam metodologi kualitatif. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan UMKM Viloralove dapat dikatakan bahwa pengelolaan keuangan yang dilakukan pada usaha ini masih belum optimal dalam hal pengelolaan keuangan, masih menggunakan pencatatan manual dan belum sebenuhnya memakai aturan akuntansi keuangan, dengan alasan bahwa pemilik usaha dan pegawai keuangan masih minim pengetahuan keuangan yang menyebabkan keuangan usaha ini masih belum baik.  


Full Text:

PDF

References


Jeni W, dkk. 2020. Pentingnya Penerapan Pengelolaan Keuangan Bagi UMKM. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. Nomor 2, Volume 17

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35-40.

Sabiq Hilal Al Falih,, M., Rizqi, R., & Adhitya Ananda,, N. (2019). Pengelolaan Keuangan Dan Pengembangan Usaha Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus Pada Umkm Madu Hutan Lestari Sumbawa). Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1).

Sari, R. M. (2004). Analisa Pengelolaan Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan UMKM. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 6-25.

SIMBOLAN, F. Y. (2017). Metode Penelitian. Physics Education(4), 8.

Siswanti, T. (2020). Analisis Pengaruh Aspek Keuangan Dan Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Pertumbuhan Usaha Kecil Dan Menengah (Umkm). Jurnal Mitra Manajemen,, 143-152.

Vi, B. A. (2003). 1352353_Chapter6. 87-99.

Khadijah, Khadijah, and Neni Marlina Br Purba. "Analisis Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Kota Batam." Owner 5, no. 1 (2021): 51-59.

Dwi Cahya, Agus , Heni Nur Amrina, and Sinta Oktaviyani. "PENGARUH SIKAP KEUANGAN TERHADAP PERIAKU MANAJEMEN KEUANGAN PADA UMKM BATIK JUMPUTAN ( Stusi Kasus pada UMKM Batik Jumputan di Kelurahan Tahunan)." E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 14, no. 2 (2021): 22-29.

Siswanti, Tutik. "Analisis Pengaruh Aspek Keuangan Dan Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Pertumbuhan Usaha Kecil Dan Menengah (Umkm)." Jurnal Mitra Manajemen,, 2020: 143-152.




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v3i2.6973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya © 2019
Â