STUDI KOMPARATIF MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR ANTARA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA KIPK DAN MAHASISWA PENERIMA BI

Aisyah Nurhasanah

Abstract


Program baiya pendidikan KIPK (Karti Indonesia Pintar Kuliah) dan beasiswa BI yang dikhususkan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi. Terkait dengan motivasi belajar yang tentunya memiliki fase sedang tinggi dan rendah. Difase rendah mahasiswa ini senderung tidak fokus terhadap studi yang mereka tempuh sehingga berdampak pada prestasi. Dengan penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa yang didanai oleh BI dan lembaha peemerintah. Dengan menggunakan teknik Probability Sampling diambil 100 mahasiswa Univeristas Siliwangi yang dikelompokkan ke dalam mahasiswa penerima beasiswa KIPK dan BI serta menggunakan uji independent t-test. Hasil perhitungan statistik menunjukkan sig. (2.tailed) 0,168>0,05 bahwa tidak ada perbedaan motivasi belajar antara mahasiswa penerima beasiswa KIPK dengan mahasiswa penerima beasiswa BI dan terdapat perbedaan mahasiswa penerima beasiswa KIPK dengan mahasiswa penerima beasiswa BI yang ditunjukkan dengan sig. (2-tailed) 0,000<0,05. Hasil median mahasiswa penerima beasiswa BI 3,75 lebih besar dari pada mahasiswa penerima beasiswa KIPK yang hanya 3,49.


Full Text:

PDF

References


Alberta, Ninda. (2006). Kiat-kiat berburu dan tembus beasiswa pendidikan di luar negeri. Depok: Huta Pulblisher.

Arikunto, S. (2009). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, Jhon. (2015). Riset pendidikan (Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif dan kuantitatif). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghozali, I. (2015). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Nuryadi, dkk. (2017). Dasar-dasar statistik penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Pertiwi, Dian Kusmanto. (2019). Sistem penerimaan beasiswa pada Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu menggunagan metode SAW (simple addictive weightng). Jurnal teknik informatika, 03(01), 49-53. Doi : http://dx.doi.orh/10.52332/u.net.v3il.177

Sardiman. (2007). Interaksi motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantiatatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantiatatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v3i2.8324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya © 2019
Â