PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SERTA DAMPAKNYA PADA HASIL BELAJAR SISWA

Susana Indriati, Edi Fitriana Afriza, Bakti Widyaningrum

Abstract


Fokus dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Proportionate Random Sampling dengan jumlah 198 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur. Dari hasil analisis jalur diperoleh persamaan regresi Z = 37,884 + 0,558𑋠+ 0,8300e1 dan Y = 60,859 + 0,455𑋠+ 0,191Z  + 0,8124e2. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa, variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa, dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Selain itu motivasi belajar siswa dianggap mampu memediasi pengaruh antara variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Variasi Gaya Mengajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Arif, M., & Makalalag, E. W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Solok: Balai Insan Cendekia Mandiri.

Fadri. (2017). Pengaruh Perilaku Guru dan Variasi Mengajar Terhadap Motivasi Serta Dampaknya Pada Hasil Belajar Siswa di Kecamatan Talang Ubi. Jurnal Ilmu Manajemen, 6, 101–113. https://doi.org/10.32502/jimn.v6i2.1580

Giawa, M., Mahulae, S., Abi, A. R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 067245 Medan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6, 372–332. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i.483

Herlina, H., & Diputra, T. T. (2018). Implementasi Rumus Sobel Pada Web Dengan Topik Regresi Linier Menggunakan Variabel Intervening. Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.30813/j-alu.v1i1.1106

Ismail, F. (2018). Statistik Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial. Palembang: Predana Media Group.

Makatita, S. H., & Azwan. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mia Di SMA Negeri 2 Namlea. Jurnal Biology Science & Education, 10, 34–40.

Muharam, L. O., Ihjon, I., & T., S. (2019). The Effect Of Teaching Style On Students Motivation And Academic Achievment: Empirical Evidence From Public Senior High School In Konawe Selatan Regency. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(09), 1934–1938.

Nurrohmah, & Makhshun, T. (2019). Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 43 Semarang. Konferensi Ilmiah MahasiswaUnissula (KIMU) 2, 428–443.

Setiawan, M. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sutianah, C. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Pasuruan: Qiara Media.

Widyastuti, D. A., Muyana, S., & Prabowo, A. B. (2019). The Effect of Learning Motivation on Student Achievment on Statistics. Advance In Social Science, 387.




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v4i2.8785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya© 2019