PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X IPS MAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

Devi - Imalia

Abstract


  1. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hal ini ditunjukan berdasarkan hasil uji hepotesis dengan Uji Paired Samples T test dengan nilai signifikansi 0,000< 0,05. Sehingga dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division ini mampu meningkan hasil belajar siswa.
  2. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional/ceramah sebelum dan sesudah perlakuan. . Hal ini ditunjukan berdasarkan hasil uji hepotesis dengan Uji Paired Samples T test dengan nilai signifikansi 0,000< 0,05.
  3. Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional sesudah perlakuan. Hal ini ditunjukan berdasarkan hasil uji hepotesis dengan Uji Independet Samples T test dengan nilai signifikansi 0,000< 0,05.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa mata pelajaran Ekonomi kelas X IPS di MAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023.


Full Text:

PDF

References


Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan kuantitatif,kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

U. Usmadi. Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inov.Pendidik., vol.7, no. 1, Nov.2020

R. Diani, Yubekti, S. Syafitri. Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X Man 1 Pesisir Barat. J.Ilmiah Pendidikan Fisika, vol.05 no.2, 2016.

Gasong, Dina. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama.

S. Yulisa, M.Jailani. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Division (Stad) Pada Kelas X Di Sma Negeri 1 Katingan Hilir. J. Pendidikan Ekonomi., vol.4, no.2, Mei 2019.

Faizah, Silviana Nur. “Hakikat Belajar dan Pembelajaran”. J.Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol.1 no.2 p-ISSN.2579-6259, 2017.




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v5i1.8902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya© 2019