PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Ani Puji Lestari

Abstract


Tujuan penelitian untuk mendeskripsi peningkatan kemandirian belajar siswa setelah menerapkan pembelajaran SSCS, khususnya ditinjau dari gaya belajar yaitu mastery, self-expressive, interpersonal, dan understanding learning. Metode penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan kuasi eksperimen nonequivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa MAN 1 Kota Serang. Sampelnya yaitu siswa kelas XI MAN 1 Kota Serang sebanyak 76 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket kemandirian belajar siswa dan gaya belajar. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis menggunakan statistik uji t dan U Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Secara keseluruhan peningkatan kemandirian belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran SSCS lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori; 2) Peningkatan kemandirian belajar siswa interpersonal learning (IL) dan self-expressive learning (SEL)  yang menggunakan model pembelajan SSCS lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran ekpositori; dan 3) Tidak ada perbedaan kemandirian belajar antara siswa mastery learning (ML) dan understanding learning (UL) yang menggunakan model pembelajaran SSCS dan ekspositori

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.