PENERAPAN MODEL INQUIRI TERBIMBING BERBASIS SCAFFOLDING METAKOGNITIF UPAYA MENINGKATKAN DISPOSISI BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS BERDASARKAN TAHAPAN PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA SMA

Anissa Listiana Maharani, Hepsi Nindiasari, Abdul Fatah

Abstract


Disposisi berpikir reflektif matematis (DBRM) merupakan keinginan, kesadaran, dan dedikasi yang kuat pada diri siswa untuk dapat menemukan, meriviu, merecall, mengolah, menganalisis, proses pengetahuannya sendiri dalam memecahkan persoalan berbagai kegiatan matematis dan dapat mengiplementasikannya. Seseorang yang telah memiliki KBRM otomatis muncul kemampuan DBRM. Untuk melatih DBRM tersebut, guru harus melatih siswa sesuai skema pada tahapan perkembangan kognitifnya sehingga terciptalah suatu pembelajaran yang bermakna. Pembelajaran dengan model inquiri terbimbing berbasis scaffolding metakognitif (ITBSM) mampu meningkatkan disposisi berpikir reflektif matematis (DBRM) siswa SMA. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Baros, Kabupaten Serang Provinsi Banten dengan sampel kelas X MIPA. Penelitian ini mengungkapkan adanya peningkatan DBRM siswa dengan perlakuan model inquiri terbimbing berbasis scaffolding metakognitif (ITBSM) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori dengan nilai sig. 0.001 untuk secara keseluruhan, , sig. 0.638, sig. 0.074 dan sig. 0.029 untuk level kognitif konkrit, transisi dan formal. Pengujian dilakukan secara deskriptif dan inferensial dengan pengolahan data menggunakan shapiro-wilk, lavene test, uji parametrik anova dua jalur dan anova satu jalur, uji non parametrik uji Mann Whitney U dan uji Kruskall Wallis H.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.