PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI PENYAJIAN DATA STATISTIKA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP
Abstract
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Hopkins, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian diambil dari kelas IX-A SMPN 2 Sukaraja Kaupaten Tasikmalaya dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang, terdiri 11orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar belajar siswa dalam pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learrning) itu sangat baik dan dapat membangkitkan kemandirian siswa dalam belajar matematika. Ini terbukti dari skor hasil tes LKPD kelompok, diskusi maupun laporan proyek yang berdasarkan pengalaman nyata. Nilai ratarata LKPD kelompok pada siklus I sebesar 72,75 ,sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata LKPD kelompok sebesar 79,25 dari hasil tersebut dapat dilihat dari siklus ke siklus meningkat dan telah mampu memacu para siswa untuk lebih aktif khususnya dalam menyajikan data statsistika sangat efektif untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.