PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CPS TERHADAP PEMECAHAN MASALAH DAN KECEMASAN MATEMATIS DITINJAU DARI KAM

Hanif Efendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan pemecahan masalah dan kecemasan matematis siswa SMP melalui pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) ditinjau dari kemampuan awal matematis (KAM). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest and posttest nonequvallent  control group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 4 Kragilan Kab Serang Prov Banten dan sampel dipilih secara purposive sampling sehingga diperoleh 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan angket kecemasan matematis. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah yang memperoleh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa, 2) Terdapat pengaruh kecemasan matematis yang memperoleh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih rendah daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa, 3) Tidak terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah pada kelompok KAM Tinggi, Sedang dan Rendah, 4) Tidak terdapat pengaruh kecemasan matematis pada kelompok KAM Tinggi, Sedang dan Rendah, 5) Terdapat interaksi antara pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah, 6) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan kemampuan awal matematis terhadap kecemasan matematis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.